Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
386


Kita semua pasti tahu ungkapan yang bilang kalau ‘Bos itu selalu benar’. Kita digaji karena kita taat dan nurut sama apa yang bos suruh. Kebanyakan dari kita karyawan kantoran pun melakukannya walau kadang kala kita melakukannya karena terpaksa. Hanya demi menyenangkan bos atau semata-mata supaya posisi kita tetap aman saja.

Kadang kita bahkan disuruh untuk melakukan hal yang bertentangan dengan kebenaran. Atau katakan saja yang bertentangan dengan prinsipmu. Dan dengan terpaksa kamu melakukannya juga. Menyesal? Mungkin. Tapi apakah kamu akan terus melakukan tindakan yang sama dan menyesalinya kemudian? Sudah waktunya untuk berani mengatakan ‘tidak’ saat bos atau atasanmu menyuruhkan melakukan sesuatu yang kurang tepat.

Pertama, beranilah katakan ‘Tidak’ kalau bosmu meminta untuk melakukan pekerjaan yang kurang manusiawi. Tolaklah dengan cara yang sopan.

“Saat seseorang memintamu melakukan sesuatu, mereka sering tak menyadari betapa sibuknya kamu dan betapa tidak pentingnya permintaan mereka dibandingkan dengan semua hal lain yang kamu lakukan,” kata Madeline Mann, direktur operasional dari startup Gem.

Saat perintah itu disampaikan saat waktumu sama sekali begitu sibuk, sampaikan penolakan dengan berkata, “Ya, aku harus menyelesaikan deadline hari ini. Memastikan semua konsumen kita mendapatkan info bulanan, seperti yang bos minta. Jadi, apa yang harus saya prioritaskan lebih dulu?” Saat kita menyampaikan kondisi kesibukan kita dengan jujur, bisa jadi dia akan kembali berpikir dan mengurungkan niat untuk mendesakmu melakukan tugas lainnya.

Kedua, tolaklah dengan halus dibarengi dengan gurauan atau humor.

Saat bos memintamu melakukan tuags yang jauh di bawah kemampuanmu atau sesuatu yang bisa dengan mudah dilakukan sendiri, mulailah menolaknya dengan gurauan. “Ah, bapak/ibu sebenarnya jauh lebih jago soal itu,” sampaikan sembari tersenyum lebar dan meletakkan kopi di atas mejanya. Tindakan ini membuatmu berani menyampaikan kalau kamu bukanlah seorang pelayan.

Ketiga, jadilah guru untuk mengajarkan atasanmu bagaimana melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan.

Mungkin permintaan dari bosmu sedikit mengganggumu dan paling menyebalkannya itu adalah tugas yang sebenarnya bisa dilakukannya sendiri. Jadi, siasatilah untuk menolak permintaan itu dengan bertindak seperti guru kepada muridnya. Dimana bosmu menyadari kembali kalau perintahnya sebenarnya bisa dia lakukan sendiri. “Jangan membiasakan hanya memberi tahu orang tentang informasi yang mereka minta, tunjukkan kepada mereka bagaimana cara mencarinya sendiri. Aku sering memperhatikan banyak orang yang aku ajari benar-benar tidak tahu bagaimana cara membantu diri mereka sendiri, dan mereka menghargaiku saat aku menunjukkan solusinya kepada mereka,” ucap Mann.

Baca Juga :

5 Bisnis Kuliner Ini Laris Manis Berkat Namanya yang Unik, Kamu Aja Pasti Pengen ke Sana!

Gak Ada yang Sia-sia. Jadi Volunteer di Kegiatan Sosial Punya 5 Manfaat Buat Karirmu Loh!

Keempat, alihkan saja tugas kepada seseorang yang lebih ahli dalam tugas itu.

Kedengarannya memang sedikit merusak reputasimu sebagai karyawan yang bisa diandalkan dalam berbagai hal. Tapi bagaimanapun kamu harus jujur sama hati nuranimu, apakah memang kamu sukarela atau malah terpaksa melakukannya. Jangan biarkan dirimu tertekan melakukan sesuatu karena semata-mata itu adalah perintah.

“Jauh lebih mudah mengatakan, “Aku tidak bisa melakukannya tapi si A mungkin tertarik’ daripada menolak perintah itu secara langsung. Kamu bisa menjadi sangat membantu tanpa harus melakukan tugas itu sendirian,” kata Mann.

Kelima, mintalah bantuan dari rekan lain kalau memang pekerjaan itu terasa berat.

Kalau kamu memang harus terpaksa menerima perintah itu, cobalah untuk mempertimbangkan apakah kamu bisa melakukannya sendiri. Kalau memang tak sanggup, cobalah menawarkan bantuan dari rekan lain.

“Seorang bos pernah memintaku, “Madeline kamu pandai menulis, bisakah kamu menulis pidato untuk dia?” Daripada mengerjakan tugas itu seluruhnya, aku memodifikasi pertanyaan, “Baiklah. Tapi bagaimana kalau dia menulis draf awal pidatonya dan nanti aku akan mengeditnya dan merampungkannya?” terang Mann.

Jadi, buat kamu yang kerap harus terpaksa mengerjakan sesuatu hanya karena disuruh bos. Lima cara di atas bisa mulai kamu lakukan. Beranilah untuk membela dirimu kalau memang tugas yang dilimpahkan kepadamu bukan hal yang kamu sukai atau sudah melebihi dari kemampuanmu.

Sumber : Inc-asean.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us