Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
160


Volunteer atau sukarelawan adalah seseorang yang dengan rela hati ikut dalam sebuah kegiatan memberi layanan kepada orang lain tanpa mempertimbangkan keuntungan finansial. Biasanya kegiatan yang banyak membutuhkan volunteer ini bersifat sosial atau kemanusiaan. Dalam artian, kegiatan ini kebanyakan bertujuan baik untuk membantu atau menolong orang banyak.

Ada sebagian orang yang mungkin suka jadi volunteer. Tapi sebagian lain sama sekali tak tertarik. Tapi tahukah kamu kalau rupanya kegiatan tanpa pamrih ini ada untungnya juga loh buat kebaikan karir kamu.

Ini 5 manfaat jadi volunteer yang bisa kamu dapat untuk diterapkan di pekerjaan kamu.

1. Jadi Tambahan Info di CV

Waktu aku diinterview bekerja di Jawaban.com, aku ditanyai soal kegiatan atau organisasi apa yang pernah aku lakukan. Waktu kuliah aku kerap kali ikut kegiatan sosial seperti jadi volunteer kegiatan bersih-bersih jalan, bantu menyambut anak baru di kampus, dan volunteer di acara-acara yang diadakan oleh kedutaan besar Amerika. Pengalaman bekerja tanpa pamrih ini jadi salah satu poin tambahan yang meyakinkan si interviewer mempertimbangkan apa kamu layak diterima atau gak.

2. Menambah Skill

Jadi volunteer menawarkan kita pelatihan tanpa pungutan biaya. Misalnya, kayak pengalamanku jadi penerima tamu di kedubes Amerika, aku yang sama sekali gak tahu cara menyambut tamu akhirnya belajar satu hal yang penting dari itu. Bagaimana komunikasi, ekspresi dan hal apa yang harus dilakukan kepada tamu adalah pelajaran yang diajarkan dari pengalaman jadi volunteer.

Atau pengalaman lain jadi volunteer di kegiatan sosial bisa mengajarkan kamu soal bagaimana itu bergaul dengan orang yang gak dikenal, gimana cara membuat acara atau menangani banyak orang. Semua hal ini juga adalah skill baru yang bisa kamu dapat dan bisa saja akan berguna buat pekerjaanmu di kantor.

Baca Juga:

7 Ide Fundraising Kreatif yang Gampang Hasilkan Uang Untuk Lembaga Non-Profitmu

Menjadi Sukarelawan

3. Memperluas Jaringan Pertemanan

Kalau hanya menjalankan rutinitas setiap hari. Pergi pagi, kerja sampai sore di kantor dan pulang ke rumah tidak akan membawamu ketemu dengan orang-orang baru. Yang iyanya, kamu hanya akan ketemu orang-orang yang sama lagi setiap hari. Jadi, supaya pengalaman dan wawasanmu makin luas, cobalah terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemanusiaan. Kegiatan semacam ini akan memungkinkanmu ketemu dengan orang-orang baru dan bisa aja jadi teman barumu.

Percayalah makin banyak teman akan makin menguntungkan buat kamu. Karena kamu bisa saja akan butuh bantuan dari mereka dan sebagai teman mereka pasti akan selalu ada untuk membantumu, bahkan meskipun hal itu bicara soal pekerjaan.

4. Jadi Sumber Inspirasi

Bekerja sebagai penulis di majalah, situs online atau di program-program media butuh banyak inspirasi. Saat kita hanya menjalani kehidupan kita begitu-begitu saja atau biasa-biasa saja, pasti kita akan merasa stag dan gak punya ide sama sekali. Akibatnya, kerjaan pun mandet karena idenya gak nongol-nongol.

Minimnya pengalaman yang melibatkan interaksi dengan orang lain hanya akan membuat pola pikir kita kerdil. Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk terus memperkaya inspirasi kamu adalah bertualang dan ikut kegiatan-kegiatan yang membangun. Misalnya, jadi volunteer di acara donor darah massal atau ikut kunjungan ke kampung-kampung terpencil. Pengalaman semacam itu akan memperluas pikiran dan membuat kita makin kreatif.

5. Mencegah Rasa Bosan Dengan Pekerjaan

Bekerja bertahun-tahun di kantor dengan job description yang sama ujung-ujungnya akan membuatmu bosan. Ya, wajar saja kalau ada masanya memang kita akan merasa stagnan dengan pekerjaan kantoran kita. Tapi untuk mencegah kondisi itu, kamu perlu melakukan hal baru yang kamu belum pernah lakukan. Cobalah ikut kegiatan sosial kemanusiaan atau ikut sebuah gerakan yang membuatmu keluar sejenak dari urusan pekerjaan.

Dengan pengalaman baru di luar pekerjaan, pikiranmu akan jauh lebih stabil. Saat berhadapan kembali dengan pekerjaan pun kamu masih tetap bisa memberikan yang terbaik.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 19 July 2018 - 23:17:38

Cara melunasi hutang

0 Answer

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us