Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1369


Yerusalem, atau dalam bahasa Ibrani Yerushalayim merupakan salah satu kota tertua di dunia. Pada 13 Mei 2018 lalu, banyak orang dihebohkan dengan sebuah pernyataan dari Presiden Amerika, Donald Trump yang memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Hal ini menandakan kalau Amerika Serikat mengakui kalau Yerusalem adalah ibukota Israel.

Pengakuan ini merupakan sebuah langkah bersejarah yang membuat banyak orang emosi, terutama di negara-negara Arab, bahkan Indonesia. Keributan ini kemudian mengantarkan kita pada pertanyaan, kenapa Yerusalem menjadi salah satu kota yang penting bagi seluruh dunia? Berikut merupakan fakta Alkitab tentang Yerusalem.

Dalam bahasa Arab, Yerusalem disebut sebagai Al-Quds yang terletak di sebuah dataran tinggi di pegunungan Yudea antara laut tengah dan laut mati. Kota ini dianggap suci oleh tiga agama Abrahamic utama: Yudaisme, Kristen, dan Islam.

1. Perjuangan orang Yahudi untuk Yerusalem

Sepanjang sejarahnya, Yerusalem pernah dihancurkan sebanyak 2 kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan direbut serta ditaklukan kembali 44 kali. Bagian tertua kota ini menjadi tempat pemukiman pada milenium ke 4 sebelum masehi.

Pada tahun 1538, dibangun tembok di sekitar Yerusalem dalam pemerintahan Sultan Sulaiman yang Luar Biasa (Suleiman the Magneficent, Sultan Turki Utsmaniyah ke-10, tahun 1520-1566).Saat ini tembok tersebut mengelilingi kota lama dimana secara tradisi terbagi menjadi 4 bagian.

2. Menjadi Situs Warisan Budaya

Sejak awal abad ke 19, 4 wilayah ini dikenal sebagai kawasan Armenia, Kristen, Muslim, dan Yahudi. Kota lama masuk sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO pad atahun 1981, sekaligus menjadi salah satu Situs Warisan Budaya yang terancam bahaya.

Yerusalem modern telah berkembang jauh melampaui batas-batas kota lama. Menurut Alkitab, Raja Daud merebut kota ini dari Suku Yebus dan kemudian didirikannya sebagai ibukota Israel pada tahun 1070 SM. Putranya, Raja Salomo kemudian memerintahkan pembangunan bait pertama. Setelah bangsa itu terbagi menjadi dua kerajaan, Yerusalem tetap menjadi ibukota Kerajaan Yehuda di selatan.

Baca juga: Kenapa Sih Orang Israel Rela Mati Buat Tembok Ratapan Yerusalem?

3. Nama Yerusalem disebut dalam beberapa sebutan populer dalam masing-masing agama

Di seluruh Alkitab, Yerusalem disebutkan lebih dari 800 kali. Nama Al-Quds, yang artinya Kota Kudus masih menjadi nama populer bagi kota itu dalam bahasa Arab. Nama yang tercantum dalam peta-peta modern tentang Israel adalah Yerushalayim.

4. Kubah Batus Cadas

Pada tahun 66 M, pemberontakan orang Yahudi menyebabkan pasukan Romawi datang di bawah pimpinan Cestius Galus yang mengepung kota itu dan mendesak terus sampai ke tembok-tembok bait. Tiba-tiba, Cestius Galus mundur tanpa alasan yang jelas.

Pada akhir abad ke 7, Kalif Abdul Malik bin Marwan membangun Kubah Batu Cadas di atas atau di dekat lokasi bait. Walaupun di sebut sebagai masjid, bangunan ini sebenarnya adalah sebuah tempat ziarah. Di sebelah selatan Kubah Batu Cadas, terdapat masjid Al Aqsa yang mula-mula di bangun pada abad ke-8, tetapi sebagian besar dibangun kembali pada abad ke 11.

5. Menjadi perebutan Israel-Palestina

Saat ini status Yerusalem tetap menjadi satu isu pokok dalam konflik antara Israel dan Palestina. Selama perang Arab-Israel tahun 1948, Yerusalem Barat termasuk salah satu daerah yang direbut dan kemudian dianeksasi oleh Israel.

Sedangkan Yerusalem Timur termasuk kota lama yang direbut dan kemudian dianeksasi oleh Yordania. Israel merebut Yerusalem Timur dari Yordania pada perang 6 hari di tahun 1967, dan setelah itu menganeksasinya ke dalam Yerusalem bersama dengan tambahan wilayah di sekitarnya.

6. Israel punya klain lebih kuat dibanding negara lainnya

Salah satu hukum dasar Israel, yaitu Hukum Yerusalem tahun 1980 menyebut Yerusalem sebagai ibukota yang tak terbagi dari negara tersebut. Semua bidang pemerintahan Israel berada di Yerusalem, termasuk nesep atau parlemen Israel, kediaman perdana menteri, dan presiden juga mahkamah agung.

Israel memiliki suatu klaim yang lebih kuat untuk kedaulatannya atas Yerusalem Barat. Di Yerusalem juga terdapat beberapa lembaga non pemerintahan yang memiliki kepentingan nasional. Misalnya universitas Ibrani dan Museum Israel dengan Shrine of the Book di lapangannya.

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us