Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
417


Seorang perempuan asal Sumatera Utara bertanya ke seorang pendeta. Katanya, “Pak pendeta, aku berasal dari sebuah kota kecil di sana, tapi sekarang aku tinggal di Jakarta. Dalam waktu dekat aku akan menikah. Kalau aku sih maunya pemberkatan nikahnya dilakukan di taman dan bukan di gereja. Tapi masalahnya, karena aku berasal dari kota kecil yang mayoritas masih menunjung tradisi pemberkatan nikah di gereja. Jadi aku bingung apakah akan memungkinkan kalau tetap melakukan pemberkatan dengan cara modern di taman atau harus diberkati di gereja dan mengikuti ritual pemberkatan nikah yang ada? Atau kalau saja kami akan diberkati di taman, apakah pernikahan kami tetap dianggap sah?”

Belakangan ini, ada banyak warga kota besar yang memilih untuk melangsungkan pernikahan di luar gereja, seperti menyewa satu gedung dan mengundang pendeta satu gereja untuk memberkati mereka di sana. Atau yang lainnya ada juga yang melakukannya di ruang terbuka, di tepi pantai atau di taman. Inilah ritual pemberkatan nikah yang kita kenal dengan cara modern.

Baca Juga :

Pacaran Sebentar Langsung Menikah, Apa Sih yang Tuhan Rancangkan Soal Pernikahan?

Apa Untungnya Menikah di Usia Muda?

Sementara bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota kecil memang masih merasa kurang pantas melakukan pemberkatan nikah semacam ini. Dengan mempertimbangkan tradisi dan nilai-nilai kekristenan sebagian masyarakat tetap mempertahankan tata cara pemberkatan di gereja.

Jadi kalau dipikir-pikir muncul pertanyaan serius. ‘Jadi pemberkatan yang mana seharusnya dilakukan orang Kristen? Apakah pemberkatan di luar ruang (seperti di taman atau gedung) salah?’

Tak ada ayat yang membahas soal tempat pemberkatan nikah yang spesifik di Alkitab. Atau tradisi dan budaya pernikahan yang bagaimana yang harus diikuti oleh orang Kristen. Tapi satu hal yang diingatkan di dalam Alkitab bahwa sebuah pernikahan harus mendapat pengakuan dari publik. Pengakuan inilah yang nantinya menentukan status pria dan wanita yang sudah diikat dalam perjanjian pernikahan di tengah masyarakat. Pernikahan yang sah harus dilakukan oleh sosok yang mewakili Tuhan untuk menyatukan ikatan antar pria dan wanita. Dan biasanya itu adalah seorang hamba Tuhan atau pendeta gereja tertentu.

Memilih pemberkatan nikah di taman atau di gereja sama saja. Asal, hal ini dilakukan secara terbuka dan dihadiri oleh publik. Selain itu, pernikahan yang sah juga harus dilakukan dengan pengakuan dan kesepakatan dari kedua belah mempelai untuk diikat menjadi satu daging dalam pernikahan yang suci.

Tuhan sama sekali tidak melihat tempat dimana kamu akan melangsungkan pernikahan. Tapi Dia terlebih ingin menyaksikan perjanjian yang disepakati oleh pria dan wanita di hadapanNya. Seperti kita tahu, tidak gak dibatasi oleh tempat tapi Tuhan itu hadir dimana saja asal kita mengundangNya untuk hadir.

Jadi, kita bisa simpulkan kalau pemberkatan pernikahan dalam Kristen gak harus selalu dilakukan di gereja. Tapi meski begitu, sang mempelai juga harus memikirkan matang-matang apakah pilihan menikah di luar ruangan bisa diterima oleh orang-orang di lingkungan masyarakat? Kalau memang kamu berasal dari latar belakang sosial masyarakat yang masih kental dengan tradisi, mungkin akan lebih bijaksana untuk tetap menikah di gereja.

Berbeda halnya kalau kamu berasal dari keluarga modern yang sudah lama tinggal di kota. Pastinya menikah di taman atau di sebuah gedung bukan hal yang dianggap jadi masalah.

Jadi, pilihan itu tetap ada di tangan pengantin dan juga seluruh keluarga besar. Mungkin kamu memang memimpikan pernikahan ala taman yang indah, tapi kalau keluarga besar malah keberatan, tentu saja kamu harus memilih untuk mengalah bukan?

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.” Kejadian 2: 24

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us