Apa Untungnya Menikah di Usia Muda?
Sumber: health.liputan6.com

Marriage / 1 August 2016

Kalangan Sendiri

Apa Untungnya Menikah di Usia Muda?

Lori Official Writer
3391

Di tengah tingkat kebutuhan hidup yang semakin tinggi, masyarakat jaman ini cenderung menunda pernikahan direntang usia 20-30 tahun. Menemukan pasangan yang cocok tak lantas membuat pasangan segera memutuskan untuk menikah. Alasan yang lumrah diucapkan diantaranya belum mapan, masih mengejar karir atau belum siap menikah. Meskipun menikah di usia matang memang tetap punya keuntungannya sendiri, namun bukan berarti membuat kita takut memutuskan menikah di usia muda.

Beberapa studi menyebutkan bahwa menikah di usia produktif mulai dari 20-30 tahun ternyata memberikan kontribusi yang besar bagi kehidupan loh, seperti diuraikan di bawah ini:

1. Pasangan lebih bahagia

Menurut laporan National Marriage Project’s 2013 di Amerika Serikat (AS), persentase tertinggi orang yang merasa sangat puas dengan kehidupan pernikahan adalah mereka yang menikah di usia 20-28 tahun. Rata-rata wanita yang menikah direntang usia ini bahkan ditemukan memiliki pernikahan yang bahagia.

2. Pria yang menikah muda memiliki penghasilan yang lebih tinggi

Sebuah survei yang dilakukan di Amerika pada tahun 2008-2010 mengungkapkan bahwa pria yang menikah di usia 20-an akan memiliki tingkat pendapatan tertinggi ketika usia mereka menginjak usia 30-an. Ahli menemukan, pria menikah memiliki keuntungan lebih besar di usia muda mereka dibanding rekan yang masih lajang. Hal ini disebabkan, karena pada umumnya, pria yang sudah memiliki penghasilan memiliki tujuan, yaitu keluarga. Sehingga faktor ini membuat kebanyakan pria yang telah menikah lebih semangat untuk menjadi sukses.

3. Hidup lebih sehat dan teratur

Studi 2012 dalam Journal of Health and Social Behavior menemukan bahwa pria dewasa yang menikah di usia muda lebih jarang minum alkohol daripada mereka yang tidak memiliki hubungan serius. Sebab keseriusan dalam hubungan pernikahan dapat mengubah seseorang lebih serius dalam hidup dan lebih bertanggung jawab untuk keluarganya. Hal inilah yang mendorong seorang pria untuk sukses baik menjadi ayah maupun suami. Kedisiplinan hidup pria menikah juga jauh lebih tinggi, mulai dari gaya hidup, manajemen waktu dan keuangan.

4. Lebih baik bagi masa depan anak-anak

Menikah di usia muda dan memiliki buah hati akan mendorong pasangan menikah untuk menjadi mapan secara ekonomi. Sebab diperhadapkan dengan tanggungan masa depan anak-anaknya. Ditilik dari usia, pasangan menikah di usia muda juga baik dengan memungkikan anak sudah dewasa saat orangtuanya pensiun.

Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa menikah muda adalah sebuah pilihan yang berat, dengan artikel ini Anda diharapkan memiliki pola pemikiran yang baru. Semoga bermanfaat!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami