Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
329


Dialog antaragama yang digelar Kedutaan Besar Indonesia di Vatikan membawa hasil yang positif, berupa kesepakatan Deklarasi Roma yang berisi delapan butir pernyataan terkait pentingnya menjaga persaudaraan dan kerukunan antarumat beragama.

Dialog ini dihadiri sebanyak 45 peserta dari 22 negara di Eropa. Sebanyak 9 peserta dari Indonesia merupakan perwakilan dari masing-masing lembaga agama, diantaranya Prof. Philip Wijaya (Buddha), Prof. Henriette (Kristen), Romo Sunarko (Katolik), Wisnu Tenaya (Hindu), serta Prof. Dr. Abdul A’la (akademisi UIN Sunan Ampel Surabaya). Turut hadir juga Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kemenag Fery Meldy, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Nur Syam, perwakilan dari Kemenlu, BPIP dan Staf Khusus Presiden untuk dialog antar agama dan peradaban.

Sekjen Kemenag, Nur Syam sendiri menyampaikan apresiasinya terhadap program tersebut. Dia menilai program tersebut berisi pesan kerukunan dan keharmonisan beragama. Itu sebabnya dia berharap program serupa juga bisa digelar di negara-negara lainnya, seperti Amerika, Australia, Afrika dan negara lainnya.

Baca Juga :

Vatikan Undang Wali Kota Bekasi untuk Paparkan Toleransi Umat Beragama

Ini Kata Menag Terkait Pentingnya Merawat Kerukunan Beragama

Sebagaimana diketahui, dialog tersebut utamanya bertujuan untuk membangun kesepahaman, kebersamaan dan kerjasama antarumat beragama. Karena itu, dia berharap ini bukan hanya sekadar dialog semata tetapi sebaliknya mewujudkannya menjadi kenyataan dalam kehidupan beragama masyarakat Indonesia.

“Tujuan final dari kerukunan umat beragama ialah untuk menjamin keberlangsungan konsensus bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan kebhinekaan. Makanya diperlukan upaya terus menerus untuk merevitalisasi konsensus kebangsaan tersebut di dalam kehidupan nyata, yang sehari-hari agar ke depan masyarakat Indonesia yang adil dalam kemakmuran dan makmur di dalam keadilan akan dapat diraih secara memadai,” ucap Nur.

Dari dialog tersebut, dihasilkan 8 butir Deklarasi Roma yang berisi pernyataan di bawah ini:

Kami, empat puluh delapan peserta dialog antaragama masyarakat Indonesia di Eropa yang berada di 23 negara di Eropa dalam suasana penuh persaudaraan dengan tekad untuk terus memajukan kebersamaan dan kerukunan bangsa Indonesia menyatakan:

1. Kemajemukan agama, suku, dan bahasa adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi masyarakat Indonesia dan keniscayaan yang harus dipelihara, dijaga dan dikembangkan bersama.

2. Indonesia dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibangun atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 adalah rumah bersama dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika yang harus dirawat bersama.

3. Tenggang rasa dalam kemajemukan masyarakat Indonesia menjadi kebanggaan sekaligus tanggung jawab bersama, karena kerukunan hidup umat beragama di Indonesia menjadi rujukan dan contoh bagi dunia internasional.

4. Kesungguhan hati dan keterbukaan sikap dalam sikap kebersamaan, gotong royong, saling pengertian, penghargaan, dan persaudaraan dari pemerintah dan semua anak bangsa hendaknya dirawat dan dipelihara secara berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Masyarakat Indonesia agar tidak menggunakan agama dan simbol keagamaan demi kekuasaan politik.

6. Semua umat beragama agar mampu menampilkan wajahnya yang ramah dan terbuka dalam semangat persaudaraan dalam keimanan, kemanusiaan dan keindonesiaan.

7. Seluruh anak bangsa Indonesia, kendati berbeda agama, akan tetapi terikat dalam persaudaraan sebangsa dan setanah air, karena semua berasal dari satu Rahim Ibu Pertiwi Indonesia.

8. Semua masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh dunia perlu meningkatkan dialog antaragama dan bekerjasama yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pernyataan dirumuskan di Roma dalam dialog antaragama masyarakat Indonesia di Eropa.

 

Roma, 1 Juli 2018.

Sumber : Berbagai Sumber/Kemenag.go.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us