Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
392


Setelah menempuh empat jam perjalanan pesawat dari Seattle menuju Meksiko, Sara Metz mulai merasakan kecemasan, kondisi ini tak seperti perasaan umum yang dialami seseorang sebelum hari pernikahannya. Karena wanita berusia 37 tahun itu memang akan menggelar pernikahan di Playa del Carmen, Meksiko dalam waktu dekat.

Di dalam pesawat, dia mulai memutar film Unbroken. Pikirnya, mungkin film ini bisa membuatnya mendingan. Setelah itu dia lalu beralih memutar film Disney. Sayangnya, upaya itu tak berhasil mengusir perasaan cemas aneh yang dialaminya.

Dia akhirnya beranjak dan pergi ke toilet kecil, dia mencoba meredakan perasaan terbakar di bagian rahang, dada atas dan lengan kirinya (yang seperti kita tahu ini adalah tanda umum peringatan serangan jantung yang semakin diperparah dengan kondisinya dia berada di ketinggian 30.000 kaki).

Judie Haviland, sang ibu yangwaktu itu duduk di bagian depan Sara mulai merasa ada sesuatu yang aneh dengan putrinya. Mantan asisten medis ini tahu persis bahwa sebelumnya Sara dalam kondisi sehat. Tapi saat itu, diayakin putri dalam kondisi darurat.

Judie segera meminta pertolongan di dalam pesawat. Dia lalu bertanya kepada seorang pramugari “Apakah ada dokter di pesawat ini?” Jawab sang pramugari, “Di sana ada seorang dokter jantung.”

Dengan menggunakan peralatan yang sering dibawa oleh maskapai penerbangan AS, sang dokter segera memeriksa tekanan darah dan nadi Sara lalu memberinya aspirin dan beberapa nitrogliserin.

Baca Juga :

5 Pencegahan Serangan Jantung di Usia Muda. Ingat Hidupmu Itu Berharga

Serangan Jantung Akibat Jeroan dan Gorengan? Ini Penjelasannya

Sementara dalam kondisi itu, pesawat baru mulai menyeberangi Teluk Meksiko. Pilot pesawat mulai menimbang-nimbang untuk mencoba menolong Sara antara berbalik atau melanjutkan perjalanan ke Meksiko. Waktu pramugari meminta persetujuannya, Sara menjawab, “Aku mau kamu mendarat secepat mungkin. Aku khawatir mereka berpikir kalau aku adalah pengantin bodoh yang gugup dengan kaki yang dingin, tapi aku pikir aku akan mati dalam kondisi seperti ini di pesawat,” katanya.

Sang pilot akhirnya mengikuti keinginan Sara dan mendarat di Bandar Udara Internasional Louis Armstrong New Orleans. Selepas mendarat, Sara segera dilarikan ke rumah sakit. Di sanalah dokter mendapati bahwa wanita itu terkena serangan jantung. Dia bahkan diduga tak akan bisa bertahan hidup kalau saja pesawat itu tak berhenti.

Mengenal Serangan Jantung Sara

Jenis serangan jantung yang dialami Sara diketahui terjadi karena adanya penyumbatan arteri descending anterior kiri, yaitu arteri utama di bagian depan jantung. Serangan jantung ini disebut juga dengan istilah serangan jatung ‘widowmaker’. Gejalanya persis sama dengan serangan jantung lainnya yaitu nyeri dada, sesak napas, nyeri tubuh bagian atas lengan, leher dan rahang yang disertai dengan mual.

“Suamiku yang malang mengira kalau dia bahkan akan jadi duda dan kami saat itu bahkan belum menikah,” katanya.

Dokter pun mencoba membersihkan sumbatan di pembuluh darahnya dengan prosedur angioplasty dan jantung Sara diketahui sempat berhenti sebanyak dua kali. Butuh tindakan lanjutan dengan alat kejut listrik defibrillator untuk mengembalikan detak jantungnya lagi. Dua hari setelah operasi, dokter sudah memperbolehkan Sara pulang dan melanjutkan perjalanan ke Meksiko. Jadi dia berangkat mengejar jadwal pernikahan yang sudah dia tentukan.

Akhirnya, pernikahan Sara pun tetap berlangsung sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Walaupun dia merasa belum begitu pulih total. “Aku merasa mual, sesak napas dan sangat pusing. Kami membatalkan bulan madu kami karena aku hanya ingin pulang,” jelasnya.

Serangan jantung yang dialami Sara tak berhenti sampai di situ. Kondisi itu kembali berlanjut saat dia kembali ke Seattle. Dia hampir pingsan saat keluar dari kamar mandi. Suaminya Hoffman akhirnya melarikannya ke rumah sakit. Dokter kembali mendiagnosa Sara mengalami penyakit gagal jantung kongestif ringan yang terjadi di sekitar jantungnya.

Serangan Jantung Sara Bersifat Genetik

Rupanya serangan jantung yang dialami Sara berasal dari riwayat penyakit keluarganya. Ayahnya diketahui mengalami serangan jantung di usia 36 tahun. Sama halnya dengan sang kakek yang menderita penyakit jantung di usia 40 tahun.

“Aku pikir gaya hidup sehatku bisa mencegah risiko penyakit genetika ini. Tapi sama sekali tidak,” terangnya.

Sara pun mulai rajin berolahraga dan tampak lebih sehat dari sebelumnya. Dari hasil tes, kondisi jantungnya pun sudah membaik.

“Sayangnya, dalam kasus Sara, ada komponen genetik pada penyakit jantungnya. Yang dialaminya adalah pelajaran penting supaya tidak mengabaikan tanda-tanda peringatan serangan jantung dan segera mencari perawatan medis kalau kamu mengira kamu mengalaminya,” terang Dr. Tim Dewhurst, seorang ahli jantung.

Serangan jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Hampir semua penderita penyakit ini tak pernah sadar akan gejalanya. Sehingga kondisinya jadi semakin buruk. Banyak yang tak terselamatkan lantaran pencegahannya terlambat.

Nah, mari belajar dari kasus yang dialami Sara. Jangan sampai momen penting yang sedang kamu rencanakan dalam waktu dekat ini justru terhambat hanya karena kita gak sadar sedang menderita penyakit tertentu.

Sumber : Health24.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us