Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
700


Kadang kata-kata itu sangat menyakitkan jika tidak dipikirkan dengan matang. Tidak hanya kalimat yang keluar dari mulut, namun nada yang kita gunakan pun sangat mempengaruhi keadaan, hal itu karena kata-kata atau nada yang keluar dari mulut kita memiliki kekuatan tersendiri. Itu bisa melukai hati seseorang bahkan menyembuhkan hati orang lain. Itu dia mengapa dikatakan bahwa mulutmu adalah harimaumu.

Salomo menyarankan di Amsal 16:24 agar kita berkata yang manis, sebab "Perkataan yang  menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang."

Nggak cukup hanya berkata manis, tetapi ada aturannya, seperti yang dikatakan di Efesus 4:15 "tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran  di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus yang adalah Kepala."

Artinya kita disarankan agar berbicara kebenaran yang dimotivasi dengan oleh kasih dengan jelas.

Dr. David  B. Hawkins seorang konselor di The Marriage Recovery Centre berbagi pengalamannya melalui tulisan di Crosswalk, bagaimana itu bekerja tanpa lelah untuk bersikap dengan lembut ketika berbicara dari hati yang penuh dengan kasih. Dia dan tim memiliki diagram dan selebaran tips bagaimana itu mengatakan sesuatu untuk meningkatakan kemungkinan agar pasangan dapat mendengar dan secara efektif menerima pesan dari pasangan mereka.

Sama pentingnya dengan sikap lembut mereka ketika berbicara, mereka juga harus berhati-hati agar mereka tidak mengurangi kebenaran yang mereka sampaikan. Yesus tentu saja bicara dengan keras mengenai kebenaran. Dia juga menegur orang-orang Farisi beberapa kali, bahkan Dia mengatakan hal-hal dengan cara yang kadang sulit untuk didengar dan dipahami.

Suatu ketika seorang wanita bercerita kepada David mengenai kekuatirannya bagaimana ia bicara kepada suaminya, "Saya lelah berjingkat-jingkat di samping suami saya ketika dia mengatakan hal-hal yang menyakiti saya. Dia menyalahkan saya dan  nggak menerima kritik apapun. Saya takut bicara jujur kepadanya. Saya ingin memberi tahu dia bahwa dia telah menyakiti saya dan saya perlu belajar cara efektif gimana memberitahukan kebenaran kepadanya," cerita sang perempuan  kepada David.

"Ada waktu untuk berbicara kebenaran dengan kelembutan, dan ada juga waktu untuk bersikap dengan tegas. Dia mungkin nggak menerimanya, tetapi itu bukan tanggung jawab kamu. Kamu memiliki tanggung jawab untuk mengungkapkan kebenaran dengan hormat," jawab David

Sang wanita tersebut lalu bertanya kembali "apakah saya boleh mengatakan bahwa kata-katanya sangat menyakiti saya?"

David lalu menjawab "ya."

Ada saat dimana kita harus berkata dengan hormat kepada pasangan bahwa kata-katanya menyakitkan kita, dan biarkan  kebenaran tersebut berdiri sendiri di dalam hatinya dan menegurnya.

Ada konsekuensi yang harus ditanggung ketika kita harus membicarakan kebenaran dan mendengarkannya.

Meskipun itu sakit dan sulit, tetapi lebih menyakitkan jika dipendam dan berdiri dalam kepura-puraan bukan?

Dikutip dari Crosswalk, inilah pertimbangan lainnya mengenai betapa sulitnya berkata kebenaran :

1. Mengatakan kebenaran itu adalah sebuah tanggung jawab

Meskipun sulit, tetapi berkata sebuah kebenaran adalah tanggung jawab.

Kita nggak seharusnya negosiasi terhadap siapapun jika seseorang berkata salah apalagi tidak hormat kepada kita. Kita harus bertanggung jawab untuk menjaga harga diri kita dan kebenaran firman Allah, kita berhak menjaga keharmonisan satu hal yang kita bangun, dan kita berhak memberi tahu seseorang bahwa apa yang mereka katakan dan lakukan sudah melewati batas, tidak terhormat bahkan tidak hanya menyakiti hati kita, orang lain tetapi juga Tuhan.

2. Mengatakan kebenaran sering menakutkan

Yap! Berkata kebenaran memang sering sekali menakutkan apalagi jika itu bisa merugikan kita sendiri.

Mungkin takut dimarahi suamimu, dikritik oleh pasanganmu dan bahkan semakin konflik.

Meskipun menakutkan, bicaralah pada pasanganmu. Jangan kuatir dia akan menghukummu dll, tetapi pikirkan bahwa kebenaran harus dikatakan demi kebaikan pernikahan atau hubunganmu.

3. Mengatakan kebenaran bisa membawa kebenaran

Inilah yang perlu kita ingat, tujuan kita mengatakan kebenaran bukan semata-mata mengatakan bahwa kita memang benar!

Tidak! Tetapi tujuannya adalah sebuah perubahan. Mengapa Yesus mengatakan kebenaran di depan orang-orang meskipun Dia dicemooh? Karena Dia menginginkan perubahan melalui kebenaran yang Dia sampaikan.

Jika hari ini kamu hendak mengatakan kebenaran ingatlah bahwa itu untuk sebuah perubahan yang baik!   

4. Pada akhirnya, mengatakan kebenaran akan menghasilkan keberanian yang besar di masa depan.

Setelah kita berhasil menghadapi pasangan atau seseorang dengan mengatakan sebuah kebenaran saat ini, maka ketika kita diperhadapkan dengan masalah yang sama, dengan percaya diri dan tegas kita bisa mengatasinya.

Baik itu dalam pernikahan kamu atau cara asuh kamu terhadap anak-anak kelak.

So, biarkanlah kebenaran Allah selalu terpancar dalam dirimu dan bicaralah kebenaran dengan kasih agar Kristus dipermuliakan dan adanya perubahan yang jauh lebih baik dalam kehidupanmu.

Rindu untuk sharing mengenai masalah pernikahan dan hatimu? Mari, hubungi kami di SAHABAT 24 : Telepon (1-500-224; 0811-9914-240) atau SMS ( 0817-0300-5566)

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us