Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
286


Lahir pada tahun 1959, Paulus Bambang telah menjabat sebagai Direktur Perseroan sejak April 2014. Selain itu, dirinya juga menjabar sebagai Presiden Komisaris PT. Astra Graphia Tbk, PT Serasi Autoraya (TRAC), PT. Astra Tol Nusantara, PT. Toyota-Astra Motor, dan beberapa perusahaan lainnya. Memulai karir di PT. Astra International sejak tahun 1982 sebagai Staf Teknologi Informasi sampai menduduki posisi Vice President Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi.

Sebagai seorang pemimpin, Paulus mengemukakan bahwa kita hidup ditengah-tengah dunia digital membuat kita berada pada dunia yang berbeda. Kalau kita tidak menyadari hal ini, maka kita akan menjadi pribadi yang ketinggalan. Dunia digital memang telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita.

Baca juga: Mau Berkelimpahan? Kelola Berkatmu Ala Abram Dengan 6 Cara Ini

Perkara dunia teknologi, Paulus mengemukakan bahwa hal ini bisa dijabarkan melalui akronim DIGITAL, yaitu;

D - Disruption is inevitable. Kalau kita menantang perubahan, inilah yang disebut dengan disruption. Kita nggak mau melekatkan diri pada permasalahan yang ada, maka kita akan selalu mencari alasan untuk tidak berubah. Sementara ketika kita tidak menantang perubahan di dunia ini, maka kita tidak akan bisa menemukan sebuah solusi.

I - Industrial revolution 5.0 is on the way. Industri ini merupakan suatu hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, namun sudah mulai diperkenalkan pada trend kita sekarang ini, serta mengarah pada perubahan pola kerja sama antara manusia dan mesin.

Industri ini memanfaatkan tenaga kerja dan mesin yang efisien dalam lingkungan yang bersinergi, sehingga lingkungan virtual sangat mungkin digunakan dalam pola industri ini. Jika pada industri 4.0 kita diperkenalkan pada proses evaluasi kuantitas dan produksi secara masal, maka industri 5.0 lebih menghargai standar kehidupan, kreatifitas, dan produk yang dibuat secara khusus dengan kualitas yang tinggi.

G - Global connectivity everything, everything, always. Dunia digital telah memungkinkan kita terkoneksi satu sama lain. Konektivitas membangun sebuah kebiasaan baru bagi kita sebagai pengguna. Saat ini kita bisa merasakan bagaimana bisa berkomunikasi dengan bebas tanpa harus mengkhawatirkan jarak.

I - In-click away to live your life. Paulus sering sekali bolak-balik ke negara adikuasa Amerika Serikat. Disana, ia akan belajar banyak hal. Salah satunya adalah bagaimana perusahaan sekelas Amazon, atau E commerce lainnya bisa menyediakan layanan tinggal klik.

Jadi disana kita tidak perlu khawatir kaki akan kelelahan. Cukup datang, pilih lewat aplikasi secara virtual, setelah meninggalkan toko, kita akan ditagih oleh pihak penjual dan barang yang dipesan tadi akan langsung diantar ke rumah. Teknologi yang tinggal klik adalah salah satu dari kemudahan yang kita dapatkan di era digital ini.

T - Technology eats the world. Perubahan teknologi melalui komunikasi membawa kita pada dunia yang baru. Beberapa diantaranya adalah Internet of Things (IoT), 3D printing, self driving vehicles, collaborative robotics, drones dan lain sebagainya.

Baca juga: Imago 2018 - Dalam Sektor Bisnis, Inilah 3 Pengaruh Teknologi Untuk Sukseskan Usaha

A - All shared economy: block chain. The Sharing ekonomi merupakan salah satu teknologi yang paling banyak mengalami percepatan. Teknologi ini memungkinkan kita untuk menyewakan kepemilikian kita untuk digunakan orang lain. Contohnya adalah Airbnb yang memungkinkan para pelancong untuk menyewa kamar kosong yang ada di rumah kita. Contoh lainnya adalah Uber atau Go-jek.

L - Loyalty to solution not product and or brand. Jika dulu perusahaan berbondong-bondong untuk menawarkan produk maupun brand tertentu pada khalayak, kehadiran dunia digital membuat pola perilaku pembeli berubah.

Brand atau produk tidak lagi menjadi hal yang terutama bagi kita, melainkan pengalaman yang diberikan oleh pihak perusahaan yang dapat merangkul pembeli sehingga mereka akan setia untuk terus menerus menggunakan jasa atau produk kita.

Sebagai pribadi yang hidup di ‘jaman now,’ seharusnya kita bisa membuka mata terhadap perkembangan yang terjadi di sekitar kita. Sebab jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi ini sebagai kesempatan, maka kita akan tergerus oleh teknologi ini sendiri.

 

Sumber : imago

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us