Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
632


Ratusan umat lintas agama di berbagai tempat berdiri bersama panjatkan doa untuk korban serangan bom Surabaya. Adapun doa bersama ini dilakukan di tiga tempat ini:

1. Puja Mandala, Nusa Dua, Bali

Seperti halnya yang dilakukan di Pulau Bali, dimana ratusan umat beragama berdoa di areal depan kompleks peribadatan Puja Mandala, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung pada Rabu, 16 Mei 2018.

Suasana doa ini tampak begitu khidmat ketika pemimpin dari setiap agama bergantian berdoa. Selain memberikan dukungan kepada para korban, mereka juga berdoa supaya Indonesia aman dari segala tindak terorisme.

Puja Mandala menjadi tempat berkumpulnya umat lintas agama karena kawasan ini merupakan ikon kerukunan umat beragama di Bali. “Di kawasan Puja Mandala ini berdiri pura, gereja, wihara, maupun masjid yang merupakan simbol keberagaman. Hari ini kita berdoa agar diberikan kekuatan lahir batin, agar teguh lahir batin, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badung, Kompyang R Swandika.

Dia berharap momen itu bisa kembali menumbuhkan kerukunan antarumat beragama di Bali dan juga di seluruh Indonesia.

2. Kanwil Kemenag, Sulawesi Barat

Sementara dari Sulawesi Barat (Sulbar) kabarnya Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara. Mereka juga berdiri untuk mendeklarasikan penolakan terhadap terorisme.

Selain dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sulbar Muhdin, juga turut hadir Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, Danrem 142 Tatag Manuju Kolonel Inf Taufik Shobri, Sekretaris FKUB Sulbar Tasir Inwanto dan juga para tokoh agama.

“Doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara ini untuk menciptakan kedamaian, karena kedamaian adalah kebutuhan seluruh warga negara dalam melaksanakan ibadah, juga menjadi kekuatan dalam mempertahankan keutuhan negara,” ucap Kakanwil Kemenag Sulbar Muhdin.

Di akhir doa, para tokoh agama bersama-sama menandatangani deklarasi penolakan terhadap terorisme.

Baca Juga :

Terkait Serangan Bom Gereja Surabaya, PGI Ingatkan Tokoh Agama dan Elit Politik Soal Ini..

Kisah Tragis Tiga Anak Korban Serangan Bom Gereja Surabaya, Dua Diantaranya Kakak Adik

3. Paguyuban Lintas Masyarakat (PaLM), Kediri

Doa bersama di kota Kediri digelar oleh Paguyuban Lintas Masyarakat (PaLM) dan dihadiri sebanyak 500 orang dari berbagai agama pada Selasa (16/5) malam. Mereka terlebih dulu menghidupkan lilin bersama sebagai rasa duka atas kondisi yang menimpa Indonesia.

“Kita mengecam secara kuat bahwa tindakan biadab itu harus kita cegah. Karena hal tersebut jelas-jelas mengoyak nilai kemanusiaa, persaudaraan setanah air, dan nasionalisme kita. Jangan sampai berlarut-larut dalam suasana teror yang mencekam,” kata Ketua PaLM Kediri M Taufiq Al Amin.

Walaupun dia mengakui Kediri adalah kota yang damai. Namun dia berharap hal serupa juga akan terjadi kepada kota-kota lain di Indonesia. Dia juga menyampaikan dukungan kepada TNI dan Polri untuk memberantas paham-paham radikal dan terorisme di Indonesia.

Ya, kita berharap bahwa dengan peristiwa teror bom Surabaya yang terjadi sepekan belakangan ini umat beragama di Indonesia semakin bersatu. Kita juga berharap bahwa terorisme di Indonesia diberantas sampai ke akar-akarnya.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us