Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
319


Sebagian masyarakat tentu saja masih menjadikan darah binatang yang baru disembelih sebagai campuran makanan. Ada yang hanya mematangkannya saja dan ada pula yang mencampurkannya dengan daging cincang yang dimasak. Sebagian orang Kristen yang mengkonsumsi daging babi bahkan menjadikannya sebagai bumbu luar yang ditambahkan dengan cabai. Jangan tanya rasanya karena sudah pasti enak dan nikmat.

Tapi benarkah memakan darah binatang baik buat kesehatan? Dari sebuah artikel dari Livescience.com, menuliskan bahwa memakan darah binatang dalam jumlah yang sangat sedikit (hanya beberapa sendok teh saja) dan darah yang bebas dari mikroorganisme parasit (seperti darah yang sudah terkontaminasi dengan suatu penyakit) mungkin tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Namun mengkonsumsi darah binatang dalam jumlah yang banyak hanya akan menjadikannya racun bagi tubuh. Darah kaya akan zat besi, sehingga saat kita mengkonsumsinya tubuh akan mengalami risiko overdosis zat besi. Kondisi ini disebut dengan haemochromatosis yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk kerusakan hati, penumpukan cairan pada paru-paru, dehidrasi, tekanan darah rendah, dan gangguan saraf.

Baca Juga :

Mengapa Orang Kristen Makan Babi Sedangkan Orang Yahudi dan Islam Tidak?

Kamu Pasti Nggak Bakal Nyangka, Konsumsi Daging Babi Ternyata Sebabkan 7 Penyakit Ini Lho!

Penjelasan medis ini terdengar logis bukan? Hal serupa juga dijelaskan dari sisi firman Tuhan yang terdapat di dalam Alkitab.

Di Kejadian 9, Nuh menerima perjanjian dari Allah. Perjanjian ini berisi tentang penghapusan pembatasan mengkonsumsi daging. Sehingga Nuh dan keluarganya diijinkan untuk membunuh binatang sebagai hidangan. Tapi dibalik dari perintah itu, Allah mengingatkan supaya Nuh jangan sekali-kali memakan darah dari binatang yang disembelih.

“Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.” (Kejadian 9: 4)

Alasan Allah melarang supaya mereka tidak memakan darah binatang adalah untuk mengajarkan mereka menghormati kesucian hidup. Karena darah dipandang sebagai simbol kehidupan (baca Imamat 17: 11). Kata pertama tentang darah yang disebutkan dalam Alkitab terdapat pada Kejadian 4: 10 saat Allah menegur Kain yang telah membunuh saudaranya Habel. Sementara dalam Perjanjian Baru, darah Kristus digambarkan sebagai ‘kematian Yesus’ (Efesus 2: 13; 1 Petrus 1: 19).

Sementara dalam hukum Musa, melarang memakan daging yang masih ada darahnya karena dianggap tidak bersih (Ulangan 12: 16). Sementara gereja mula-mula meminta orang-orang percaya non-Yahudi untuk tidak memakan daging dengan darahnya supaya tak menyinggung saudara-saudara Yahudi mereka serta menjauhkan diri dari praktik-praktik mistis kaum pagan (Kisah Para Rasul 15: 20).

Alasan lain Allah melarang makan darah adalah perlakuan terhadap hewan. Tuhan tak ingin manusia bertindak seperti binatang karnivora, yang menangkap mangsanya dan memakannya. Karena itu, saat membunuh binatang Allah menganjurkan untuk mengalirkan darahnya ke tanah.

Lebih lanjut, larangan makan darah yang disebutkan dalam Alkitab juga berkaitan dengan kesehatan. Seperti penjelasan yang disebutkan di atas, kita bisa memahami bahwa di dalam darah binatang bisa jadi ada patogen atau penyakit parasit. Apalagi kalau daging dan darah dimakan dalam kondisi mentah. Allah tentu saja tak mau umatNya sakit hanya karena mengkonsumsi sesuatu yang salah.

Allah melindungi dan memjaga kehidupan dengan cara yang tepat. Alkitab jelas peduli dengan kesejahteraan kita. Tuhan mau kita mempertahankan kehidupan, bukan mengambilnya. Dia mau kita tetap aman, terhindar dari penyakit. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer

Wishnu Kencana 18 May 2018 - 17:04:47

terpanggil untuk merendahkan diri

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago