Sudahkah Kamu Rajin Makan Salad Sayur? Menu Sehat Ini Punya 6 Manfaat Kesehatan Loh
Sumber: sejamaissimples.com.br

Health / 11 May 2018

Kalangan Sendiri

Sudahkah Kamu Rajin Makan Salad Sayur? Menu Sehat Ini Punya 6 Manfaat Kesehatan Loh

Lori Official Writer
3259

Apakah kamu sudah makan salad hari ini? Rutin makan salad setiap hari bisa jadi salah satu kebiasaan paling sehat yang bsia kamu lakukan loh.

Bukan cuma jauh lebih gampang disajikan, bahan-bahan untuk menu salad juga mudah sekali ditemukan. Karena hanya butuh sayuran hijau dan buah-buahan segar saja loh! Keuntungannya yang banyak bagi kesehatan pula yang menjadikan salad sebagai menu wajib yang ada di restoran-restoran.


Beragam jenis salad pun tersedia di sana, mulai dari salad Romaine, wortel dan tomat, atau salad bebas lemak atau kalori. Tapi daripada harus beli, mendingan buat salad sederhana saja di rumah. Kamu hanya perlu kreatif saja dalam memilih campurannya, entah itu dengan mengkombinasikan sayur dengan buah atau dengan daging.

Buat kamu yang rutin makan salad sayur setiap hari pasti akan mendapat 6 manfaat kesehatan ini.

1. Memperkuat tulang

Bayam, radicchio (sejenis kubis), dan selada air adalah sayuran hijau yang kaya akan Vitamin K yang berfungsi memperkuat tulang. Jadi, mengkonsumsi salad hijau sebanyak 250 ml setiap hari akan memenuhi kebutuhan harian vitamin K dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Kombinasikanlah sayur bayam, romaine dan selada merah sebagai salad harianmu. Karean sayuran ini tinggi beta karotin, vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan membantu mata terlindung dari sinar cahaya yang bisa merusak mata.

3. Memperkuat otot

Tahukah kamu kalau salad sangat bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh. Sebuah penelitian dari Swedia menemukan bahwa nitrat anorganik yang tinggi di dalam sayur bayam jadi asupkan yang tepat bagi para olahragawan karena kandungannya yang kaya dengan energi.

Baca juga : 4 Jenis Dressing Salad Sehat yang Manjakan Lidah

4. Melawan kanker payudara

Kandungan fitonutrien seperti isothiocyanates dalam selada air berfungsi untuk menganggu sinyal dari tumor yang menyebabkan jaringan normal memunculkan pembuluh darah baru yang memberi makan sel kanker. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Southampton, Inggris mendapatkan hasil yang mengagumkan dari uji coba memakan selada air kepada para pasien kanker payudara. Mereka yang diberi makan semangkuk salad selada air mengalami kondisi kesehatan yang jauh lebih baik. Selada air dinilai berhasil mencegah perkembangan kanker di dalam sel.


5. Menyehatkan jantung

Siapkahlah salad Caesar untuk mendapat manfaat kesehatan jantung. Atau cobalah mengkonsumsi salas Romaine sebanyak 500 ml setiap hari. Kebiasaan ini terbukti bisa menyehatkan jantung dan risiko penyakit stroke.

6. Menurunkan risiko diabetes

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan diabetes tipe 2 dan memperburuk kondisi resistensi insulin. Jadi untuk mencegah kondisi ini, rajinlah mengkonsumsi salas bayam setiap hari. Pastikan menu makanmu diisi dengan salad bayam sebanyak 500 ml.

Kesehatan itu sebenarnya murah kalau kita mau memulai hidup sehat setiap hari. Seperti contoh, makan salad sayur atau buah setiap hari dan diimbangi dengan konsumsi protein, lemak dan karbohidrat yang seimbang serta olahraga 30 menit setiap hari pasti akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami