4 Jenis Dressing Salad Sehat yang Manjakan Lidah
Sumber: Garciastudio.com

Entertainment / 4 June 2015

Kalangan Sendiri

4 Jenis Dressing Salad Sehat yang Manjakan Lidah

Lori Official Writer
20587

Bicara soal Salad, maka Anda tentu akan berpikir tentang sayur dan buah-buahan yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus. Salad awalnya dikonsumsi oleh orang Romawi dan Yunani Kuno. Lalu merambah menjadi salah satu menu makanan yang tersedia di restoran-restoran Western. Meski di Indonesia Salad diibaratkan dengan gado-gado, lotek dan karedok, namun salad bisa juga dibuat sebagai isi sandwich.

Saat membuat Salad, kita tentu membutuhkan dressing atau saus yang dicampurkan ke dalam sayur atau buah sebagai bumbu dan penambah cita rasanya.  Anda para penyuka Salad patut mengenali empat jenis dressing yang banyak digunakan berikut ini:

1. Blue Cheese

Jenis dressing Salad ini memiliki bahan utama yaitu blue cheese ( keju biru-red) yang sudah dihaluskan. Rasanya begitu khas dan sedikit asam.

2. Ranch Dressing  

Jenis saus salad ini dibuat dari buttermilk (mentega susu-red), garam, bawang putih, bawang Bombay dan beberapa daun herbs yang dicincang tipis.

3. Italian Dressing

 Italian Dressing merupakan jenis saus salad yang terbuat dari campuran air, cuka atau air lemon, olive oil dan beberapa rempahdaun yang dicincang tipis. Beberapa lainnya ditambahkan dengan madu di dalamnya.

4. Balsamic Vinaigrette

Balsamic merupakan jenis cuka yang terbuat dari anggur yang terlebih dahulu dimasak. Rasanya khas dan asam. Bahan dasarnya dibuat dari minyak zaitun (olive oil) dan cuka balsamic yang dikocok hingga rata.

Untuk menghasilkan saus Salad yang sehat dan mampu memanjakan lidah, Anda hanya perlu menggunakan bahan dasar seperti minyak zaitun, cuka atau perasan lemon serta rempah-rempah untuk bumbu. Jika perlu tambahkan cabai untuk menambah rasa Salad, lalu tambahkan sedikit garam. Untuk pemanis, gunakan stevia atau pemanis tanpa kalori.

Dressing Salad buatan sendiri tentu jauh berbeda dengan dressing yang banyak dijual di pasaran. Anda patut berhati-hati dalam memilih karena dressing yang beredar di pasar kebanyakan mengandung banyak garam, gula dan kalori yang justru menggemukkan. 

Sumber : Kokiku.tv/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami