Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
4185


Gembala Gereja Grace Fellowship Toronto, Ontario Pendeta Tim Challies menyampaikan pendapatnya bahwa ada perbedaan penting yangharus diketahui orang Kristen soal ‘gereja sejati’ dengan ‘hanya sekadar gereja’.

Dia berkata bahwaorang-orang Kristen hanya akan bisa memperoleh kesejahteraan rohani lewat ‘gereja Kristen sejati’. Sementara hal ini tak akan pernah ditemukan di sebuah gereja yang hanya meminjam label Kristen saja.

Lebih lanjut, Pendeta Challies memaparkan bahwa ada 8 cara membedakan gereja sejati dengan hanya sekadar gereja, yaitu:

1. Gereja Sejati selalu mengajarkan tentang isi firman Tuhan sementara hanya sekadar gereja selalu membagi tentang motivasi hidup

Dia menegaskan bahwa gereja sejati akan selalu mengajarkan tentang firman Tuhan dari Alkitab. Karena dari sanalah sumber orang-orang Kristen mengetahui tentang otoritas firman Tuhan. Isi firman inilah yang harus dikhotbahkan setiap minggu secara konsisten.

Sementara yang disebut dengan ‘hanya sekadar gereja’ selalu mengajarkan tentang pelajaran hidup, kesuksesan dan kelimpahan dengan mengutip ayat-ayat Alkitab sebagai pendukung.  

2. Gereja sejati transparan dengan keberdosaan manusia, sedangkan hanya sekadar gereja selalu membicarakan tentang kebaikan manusia.

3. Gereja sejati selalu mengakui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. Bahwa kasih karunialah yang telah membebaskan kita dari memperoleh keselamatan kekal. Sementara, hanya sekadar gereja lupa untuk selalu mensyukuri pengorbanan Yesus.

4. Gereja sejati selalu memproklamirkan tentang kuasa kematian Yesus. Sementara mereka yang hanya sekadar gereja menyampaikan tentang belas kasih Tuhan yang tanpa batas dan menjadikan Yesus sebagai teladan kasih kepada semua orang.

5. Gereja sejati menyatakan pemberitaan injil hanya bisa dilakukan oleh karena anugerah melalui iman di dalam Kristus. Sementara hanya sekadar gereja berjuang untuk menegakkan keadilan sosial dan juga kemakmuran pribadi.

“Mereka hanya membenarkan kesalahan sosial seseorang atau mengklaim tentang kekayaan finansial, supaya bertobat dari tindakan yang salah atau iman yang kecil,” ucapnya.

6. Perbedaan lain terletak pada tujuan penyembahan, dimana gereja sejati akan selalu berkumpul setiap minggu untuk menyembah Allah yang dipercayai sesuai dengan Alkitab. Sedangkan penyembahan di sebuah gereja Kristen hanya bertujuan sebagai hiburan. Pelayanan dijadikan sebagai tempat untuk menikmati budaya pop atau untuk menyenangkan diri sendiri.

7. Gereja sejati dengan berani menyampaikan bahwa Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup dan tak ada cara lain yang bisa ditempuh untuk sampai kepada Bapa selain melalui Yesus. Berbeda dengan gereja Kristen yang menyampaikan bahwa semua jalan pada akhirnya mengarah kepada tujuan yang sama.

8. Perbedaan terakhir yang disampaikan adalah bahwa gereja sejati percaya bahwa ada Surga dan Neraka. Sementara gereja Kristen menyangkal kemungkinan adanya hukuman kekal.

Pendeta Challies menilai bahwa gereja saat ini sedang menghadapi tantangan besar dimana ada banyak aliran gereja baru yang tak lagi memusatkan pengajarannya kepada firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Selain itu, kebanyakan orang Kristen juga sudah buta dengan isi Alkitab dan lebih banyak mengkonsumsi berita dari internet daripada mengandalkan imannya. Bahkan ada banyak juga diantaranya yang lebih percaya dengan ideologi-ideologi manusia daripada pemahaman secara teologis.

Dari 8 ciri-ciri di atas, mari mulai memeriksa apakah gereja kita masih terus berjalan sesuai dengan firman Tuhan? Mari mengembalikan gereja seperti fungsinya sebagaimana ketika awal pertama munculnya gereja mula-mula.

Sumber : CP/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

advertise with us