Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Kunci Keberhasilan Dalam Hidup Adalah, Bertanya Kepada Tuhan Sebelum Bertindak! Sumber :

3 May 2018

 2027
[Daily Devotional]

Kunci Keberhasilan Dalam Hidup Adalah, Bertanya Kepada Tuhan Sebelum Bertindak!

Amos 5:6a

“Carilah Tuhan, maka kamu akan hidup,”

 

Bacaan Alkitab Setahun:  Mazmur 123; 1 Korintus 12; 1 Samuel 12-13

Alkitab menceritakan tentang Raja Daud yang selalu bertanya kepada Tuhan, sekalipun dia dirundung masalah ataupun rintangan.

Jika kita membaca seluruh kisah Raja Daud di 1 Samuel 30, disana diceritakan bagaimana Daud sangat pedih hatinya ketika melihat orang Amalek telah menyerbu kemah mereka dan membunuh semua orang disana, tidak hanya itu wanita dan anak-anak mereka pun  ditawan. Alkitab mengatakan bagaimana Daud menghadapi kemarahan dari rakyatnya sendiri yang begitu sedih karena tragedi yang mereka alami, namun menghadapi hal itu) Daud  tetap berseru dan meminta tolong kepada Tuhan.

Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan  hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan, Allahnya.

Lalu Daud memberi perintah kepada imam Abyatar bin Ahimelekh: "Bawalah efod itu kepadaku." Maka Abyatar membawa efod itu kepada Daud. Kemudian bertanyalah Daud kepada Tuhan, katanya "Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?" Dan Ia berfirman kepadanya,"Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan."(1 Samuel 30:6-8)

Sering sekali, dalam perjalanan hidup, ketika kita tengah menghadapi sebuah rintangan dan perjuangan yang berat sekali, kita datang kepada Tuhan dengan amarah dan sakit hati. Tapi saat inilah masa yang penting sekali bagi kita untuk kembali dan mencari wajah serta mendengar arahan juga nasihat Tuhan. Tetapi alangkah lebih baiknya lagi, kita berlaku seperti Daud. Mencari Tuhan dengan sabar dan bertanya dengan benar.

Daud saja bisa menyerah di dalam keputusasaannya, sehingga dia berlari kepada Tuhan dalam masanya  yang sangat sulit atau terjepit itu, dan mungkin ini adalah kisah terakhir dalam hidupnya saat itu.

Tetapi dia sama sekali nggak berlari kabur dari Tuhan dan mengkerahkan kekuatannya atau larut dalam kepedihan hati. Dia datang kepada Tuhan dan bertanya.

Jika dipikir-pikir, Daud bisa saja datang kepada Tuhan dan langsung berkata: "Tuhan, saya berencana mau mengejar orang Amalek. Saya berdoa, berkati rencanaku ini ya."

Tapi, coba kita perhatikan! Daud tidak bertindak demikian, dia justru bertanya baru bertindak dan saya yakin inilah kunci  keberhasilannya. Ini patut ditiru!

Sering sekali dalam perjalanan hidup, kita meminta kepada Tuhan untuk memberkati apapun yang kita lakukan dan itu memang baik dan sangat penting. Tapi ada satu hal yang jauh lebih baik daripada bertindak dan meminta Tuhan memberkati kita, yaitu kita harus terlebih dahulu mencari Tuhan dalam doa-doa kita. Jauh lebih baik, dimana kita bertanya dulu kepada Dia untuk segala sesuatu yang akan kita kerjakan, sehingga Dia akan mengarahkan kita untuk melakukan apapun yang Dia kehendaki, memuliakanNya, dan tentulah kita akan diberkati.

 

Alkitab memberi tahu kita tentang bagaimana Daud mendengarkan suara Allah terlebih dahulu dan kemudian mengikuti pimpinanNya. Dan kita sendiri bisa melihat bagaimana akhirnya Tuhan memberkati apa yang dikerjakan Daud. Semua dibuatNya berhasil.

"Daud melepaskan semua apa yang dirampas oleh Amalek itu; juga kedua isterinya dapat dilepaskan Daud. Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dai jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali." (1 Samuel 30:18-19)

Hari ini, ketika kita berdoa, mari kita bertanya kepada Tuhan untuk setiap area kehidupan, kita akan melakukan apa yang Tuhan kehendaki dan arahkan. Dengarkanlah suara Tuhan! Ketika kita mendengarkan-Nya, berjalanlah dan melompatlah dalam aliran dan pimpinanNya maka kita akan berhasil.

Tuhan Yesus memberkati!

Hak cipta © Craig von Buseck, digunakan dengan izin

 

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us