Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4650


Uskup Robert Harris, yang memimpin keuskupan Santo Yohanes Kanada mengumumkan penutupan sembilan gereja Katolik Roma secara permanen. Dia menegaskan penutupan ini dilakukan untuk mengefektifkan fungsi gereja Katolik yang ada di sana.

Penutupan gereja ini akan dilakukan sejak September 2018 mendatang. Adapun gereja yang dimaksud diantaranya 5 gereja di wilayah Saint John, 1 di Fredericton,dan 3 di Miramichi. Penutupan gereja ini diharap bisa menjadi awal untuk mereorganisasi ulang keuskupan yang membawa jumlah paroki turun dari 58 menjadi 27 gereja.

Perampingan ini diyakini akan mengurangi sekitar 35 persen bagian keuskupan yang ada. Keseluruhan imam, yang terdiri dari 31 orang, akan membagi waktu dan sumber daya mereka untuk menjalankan sisa gereja yang ada.

“Saya tidak suka menutup gereja. (Tapi) gereja-gereja membutuhkan pekerja dan uang yang mereka butuhkan,” ucap Uskup Robert Harris.

Baca Juga :

Selesaikan Konflik, Gereja Katolik dan Ortodoks Koptik Tanda Tangan Pengakuan Baptisan Bersama

Melek Teknologi Informasi, Gereja Katolik Didorong Tuk Manfaatkan Sosmed & Gaet Kemkominfo

Dia berharap dengan perampingan ini, gereja Katolik Roma akan mengalami perubahan yang besar. Meskipun pada prosesnya mereka pasti akan sulit menerima perubahan tersebut.

Seorang jemaat gereja bernama Anna Barrett bahkan menyampaikan perasaan sedihnya karena Gereja Katolik Tritunggal Mahakudus yang sudah dikunjungi selama satu dekade itu akan ditutup. Gereja itu dinilai sangat istimewa karena merupakan satu-satunya gereja yang menggunakan bahasa Latin.

“Gereja itu penting. Pembaptisan, pernikahan, banyak hal yang dilakukan di sana,” kata Barrett.

Jemaat lain seperti Rebecca Procure dan Jamey Guerrero bahkan rela menempuh perjalanan jauh selama sebulan sekali hanya untuk menghadiri misa berbahasa Latin di gereja itu. Rencana penutupan gereja itupun mmebuat mereka sedih karena kemungkinannya tak akan lagi bisa menikmati ibadah berbahasa Latin lagi di sana.

Gereja-gereja ini ditutup memang sama seperti alasan penutupan gereja di negara-negara Eropa. Rata-rata gereja Katolik memang memiliki gedung yang cukup besar. Gedung-gedung ini tentunya tidak akan berfungsi secara maksimal kalau hanya dihadiri oleh beberapa jemaat saja setiap minggunya. Jadi, penutupan sebagian gereja ini mungkin adalah rencana yang terbaik untuk merevitalisasi kembali gereja Katolik.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer

iwan hidayat 18 February 2020 - 11:44:00

Pakaian

0 Answer

Fiora Natania 18 February 2020 - 11:41:40

Longsor sepanjang tahun 2005

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)