Share this article :

Selesaikan Konflik, Gereja Katolik dan Ortodoks Koptik Tanda Tangan Pengakuan Baptisan Bersama

 Tue May 2nd, 2017
 684

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Contributor
 

Selesaikan Konflik, Gereja Katolik dan Ortodoks Koptik Tanda Tangan Pengakuan Baptisan Bersama Sumber : Catholic World Report

Di tengah tragedi serangan teroris yang menyasar gereja Ortodoks Koptik Mesir, pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus tetap melakukan kunjungan dua harinya pada 28-29 April 2017 lalu. Kunjungan tersebut bahkan mencetak tonggak sejarah bagi Gereja Katolik dan Ortodoks Koptik.

Seperti diketahui, kunjungan Paus Fransiskus ke Mesir adalah untuk menandatangani pernyataan atau deklarasi bersama dengan Paus Tawadros II, pemimpin Gereja Ortodoks Koptik dari Alexandria yang isinya untuk pertama kali saling mengakui Sakramen Baptisan masing-masing.

Deklarasi ini menjadi solusi atas konflik yang terjadi antar kedua belah gereja soal baptisan, dimana selama ini keduanya menuntut baptisan kedua bagi orang-orang Kristen yang berpindah dari satu gereja ke gereja lainnya. Mereka mengakui tak akan mengulangi baptisan yang diberikan salah satu gereja untuk setiap orang yang ingin bergabung dengan gereja lainnya.

Selain itu, kedua gereja ini juga diberikan kebebasan untuk memberi kesaksian bersama tentang nilai-nilai kehidupan, kesucian pernikahan dan keluarga serta penghormatan terhadap pencipta. Selain itu, mereka juga diajak untuk intens mendoakan orang Kristen teraniaya dan dibunuh karena imannya, terutama di Mesir dan Timur Tengah.

Melalui deklarasi ini, kedua pemimpin gereja ini berkomitmen untuk membangun iman lewat doa bersama. Mereka juga berencana untuk membuat terjemahan bersama Doa Bapa Kami dan penentuan tanggal perayaan Paskah bersama.

Adapun deklarasi ini dipublikasikan setelah pertemuan para pemimpin Katolik dan pemimpin Gereja Ortodoks Koptik di Kairo pada Jumat, 28 April 2017 lalu. Hal ini menjadi bukti sejarah baru bagi kedua gereja setelah pertemuan pertama antara Paus Paulus VI dan Paus Copouda Shenouda III pada Mei 1973 silam.

Sumber : Suarapapua.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Febby Makatumpias 28 May 2017 - 18:51:27
Syalom, selamat malam. Saya baru disini, saya ingi... more..

Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

santos 22 May 2017 - 00:14:34
Mohon doanya agar usaha saya yang sedang saya kemb... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Berkorban Karena Cinta
Berkorban Karena Cinta
Salah satu kerinduan terbesar Daud adalah membangun Bait Suci. Meskipun yang membangunnya adalah Sal...