6 Pertanda Kalau Kamu Sudah Siap Fulltime Jalankan Bisnismu Sendiri
Sumber: Slideshare.net

Finance / 19 April 2018

Kalangan Sendiri

6 Pertanda Kalau Kamu Sudah Siap Fulltime Jalankan Bisnismu Sendiri

Lori Official Writer
2103

Salah satu survei yang dilakukan pada tahun 2017 lalu menemukan bahwa separuh dari Generasi Millenial punya pekerjaan sampingan selain pekerjaan kantoran yang mereka jalani. Mereka bekerja keras di masa muda demi mengumpulkan uang untuk mewujudkan bisnis impian mereka.

Setelah modal terkumpul, generasi millennial ini akan meninggalkan pekerjaan mereka dan fulltime membangun bisnis mereka. Memutuskan untuk resign dari pekerjaan pastinya adalah keputusan yang berat. Tapi ada beberapa tanda yang bisa membantumu untuk meyakinkan diri bahwa sudah waktunya bekerja untuk diri sendiri, diantaranya:

1. Sudah siap secara finansial

Membangun sebuah bisnis dari nol tak akan secara instan memberikan keuntungan besar di awalnya. Ada banyak pemula yang bahkan harus mencari pinjaman modal untuk memulai bisnis mereka. Tapi sebagai pemula, pendiri Working Not Working, Adam Tompkins menyarankan supaya pemula bisnis sebaiknya sudah punya modal awal untuk membangun bisnisnya.

Kalau kamu memang punya mimpi untuk membangun bisnis sendiri, mulailah mengumpulkan modal dari sekarang, bisa juga mencari tambahan tabungan lewat pekerjaan sampingan.

2. Pekerjaan sampinganmu cukup maju dan sukses

Pada dasarnya, banyak pekerja sampingan yang mencoba untuk menciptakan karya lewat proyek-proyek yang mereka tangani. Di jaman sekarang ini, ada banyak generasi millennial yang kita lihat suka membagi karya buatan mereka lewat sosial media. Hal ini tentu saja bisa menarik minat orang lain, apalagi hasilnya terlihat sangat profesional.

Saat kamu sadar kalau ternyata pekerjaan sampingan yang kamu anggap hobi itu mendapat feed back yang baik dari orang lain, mungkin saat itulah kamu sudah siap untuk membangun bisnis sendiri.

3. Selalu bersemangat saat mengerjakannya

Seseorang sukses membangun sebuah bisnis karena dia suka melakukannya. Tak hanya itu, dia juga akan terus memacu dirinya untuk konsisten mengembangkan pekerjaannya menjadi lebih besar. Jadi, sebelum memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, belajarlah untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaanmu lebih dulu.

4. Sudah paham dengan ruang lingkup bisnis yang akan dibangun

Sebuah usaha tidak akan pernah berhasil kalau dibangun dengan modal seadanya. Atau dengan pemikiran ‘yang penting punya modal’. Sebagai pengusaha pemula, kamu harus tahu persis ruang lingkup dari bisnis yang akan kamu bangun. Pelajari tentang peluang yang akan dihasilkan, inovasi yang bisa kamu terapkan, strategi bisnis yang akan kamu jalankan dan cara mengelola keuangannya. Saat kamu sudah matang dengan semua seluk beluknya, saat itulah kamu harus berani mewujudkan bisnis impianmu.

5. Menguasai seni promosi diri yang tepat

Membangun bisnis artinya akan mencurahkan segala pikiran dan waktu untuk mengelolanya. Hasil kerjamu bakal jadi promosi untuk dirimu sendiri. Hal inilah yang akan mempermudahmu mendapatkan klien.

Kalau kamu sudah berhasil menjual dirimu ke orang lain, itu artinya kamu akan mudah membangun bisnis ke depannya.

6. Ditawari proyek-proyek baru

Saat kamu secara bertahap memaksimalkan pekerjaan sampinganmu, klien baru mungkin akan merasa tertarik untuk memperpanjang kontrak denganmu. Bisa jadi kamu akan ditawari lebih banyak pekerjaan lain.

Tentu saja saat pekerjaan sampingan sudah mulai padat, kamu tentunya tak akan bisa mengerjakannya hanya dalam dua hari; Sabtu dan Minggu saja. Mau tak mau kamu harus berpikir untuk jangka panjang, resign dari pekerjaan dan fokus mengerjakan sesuatu yang adalah dirimu.

Meninggalkan pekerjaan hanya demi membangun bisnis yang masih belum tampak hasilnya memang terdengar menakutkan. Tapi kondisi tak selalu begitu sih. Kalau kamu memang masih belum yakin bahwa ini adalah watu yang tepat untuk bekerja untuk dirimu sendiri, cobalah memperhatikan enam tanda-tanda di atas.

Sumber : Forbes.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami