Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
183


Kalau biasanya kita sarapan dengan semangkuk sereal, sepotong roti dilengkapi dengan segelas susu hangat. Lalu pernah nggak sih kamu sarapan pakai jus jeruk?

Sebagian orang percaya kalau jus jeruk adalah minuman sehat yang mengandung banyak vitamin penting bagi tubuh.

Tapi tahukah kamu kalau semua pandangan itu rupanya hanya mitos belaka. Baru-baru ini ditemukan kalau memilih jus jeruk sebagai sarapan hanya akan berakibat buruk buat kesehatan. Bahkan segelas jus jeruk tidak lebih baik dari segelas minuman manis atau bersoda.

Fakta yang harus kita tahu dari kandungan jus jeruk

Jus jeruk memang mengandung beberapa vitamin dan sejumlah protein. Tapi bukan berarti nutrisi itu cukup untuk membuat kita sehat. Sebaliknya, seimbangkanlah diet sehat dan seimbang dengan memenuhi nutrisi lain seperti sayuran dan biji-bijian.

Kenapa jus jeruk kurang baik bagi kesehatan?

Kalau jus jeruk yang dikonsumsi adalah buatan sendiri atau buatan rumah, sebenarnya nggak ada masalah dengan kesehatanmu. Tapi yang jadi masalah adalah bahwa hampir semua produk jus jeruk yang dijual di pasaran sudah kehilangan serat buah aslinya selama proses pengolahannya. Akan jauh lebih baik memakan langsung sebutir jeruk utuh daripada meneguk sebotol jus yang dibeli di supermarket.


Jadi jus jeruk yang terasa sangat menyegarkan itu hanya meredakan rasa lapar untuk sementara waktu dan kandungan gulanya akan sangat mudah membuat lambung merasa lapar.

Pada beberapa orang, rasa lapar ini bisa menyebabkan perubahan pada energi dan mood.

Fakta lain yang perlu diketahui dari jus jeruk adalah bahwa dalam setiap 12 ons jus jeruk mengandung sebungkus permen coklat M&M’s. Permen ini mengandung 3 gram lebih banyak gula daripada sebotol jus.

Ada tiga jenis jus jeruk yang biasa dikonsumsi masyarakat kita diantaranya:

1. Jus komersial yang dibuat dari konsentrat

Tentu saja ini bukan piliha jus yang sehat. Karena di dalamnya sudah terkandung gula yang cukup tinggi. Kandungan gula ini sama buruknya dengan minuman bersoda yang manis.

Meskipun dalam setiap produk minuman jus tidak menyebabkan unsur zat beracun secara langsung. Tapi banyak bahan kimia dalam minuman ini yang bisa menyebabkan efek samping dalam jangka panjang.

2. Jus jeruk segar komersial

Jus yang diproduksi secara komersial semacam ini bisa jadi pilihan yang lebih sehat karena ini benar-benar terbuat dari jeruk dan tidak diproses secara menyeluruh. Tapi semua minuman segar harus dipasteurisasi sebelum mereka masuk ke pasar. Proses pasterurisasi inilah yang menghilangkan sebagian besar gizi di dalam jus dan menyebabkan kebiasaan minum jus jeruk di pagi hari dianggap tidak sehat.

3. Jus jeruk segar buatan rumah

Jus jeruk buatan sendiri adalah pilihan yang paling aman dan sehat. KKita bisa mendapatkan 100% nutrisi jeruk tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia dan kandungan gula yang tak alami di dalam jus. Minumlah jus jeruk yang sudah diperas secara langsung untuk mendapatkan nutrisi maksimalnya.

Saat kita membiasakan diri untuk mengkonsumsi jus jeruk buatan sendiri setiap hari, kandungannya yang kaya dengan Vitamin C adakan sangat bermanfaat menjaga metabolisme tubuh. Karena dalam secangkir jus jeruk olahan sendiri biasanya mengandung dua kali dosis harian yang direkomendasikan. Tak perlu kuatir dengan kelebihan dosis karena kelebihannya akan secara langsung akan diproses ke saluran pembuangan tubuh. Bahkan beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk meningkatkan asupan Vitamin C selama terserang flu karena vitamin di dalam jus jeruk sangat membantu melawan bakteri dalam tubuh.

Adapun nutrisi yang didapatkan di dalam segelas jus jeruk olahan sendiri adalah:

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Kalsium

Meskipun setiap kandungan ini hanya dalam jumlah kecil saja, tapi setiap zat ini sangat berkontribusi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ganja 22 April 2018 - 18:45:08

unbk b ind 2018

0 Answer

Usman 22 April 2018 - 17:05:38

menurut jenisnya emulsi dapat dibedakan menjadi 2... more..

0 Answer

Adeirmanainggolan 21 April 2018 - 20:31:03

Kehamilan

0 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

advertise with us