Dari Gedung Gereja Besar Sampai Punya Jet Pribadi, Inilah 10 Pendeta Terkaya di Dunia
Sumber: powerofnaija.com

Internasional / 5 April 2018

Kalangan Sendiri

Dari Gedung Gereja Besar Sampai Punya Jet Pribadi, Inilah 10 Pendeta Terkaya di Dunia

Lori Official Writer
11158

Seperti sudah diumumkan di bulan Januari 2018 lalu, majalah bisnis Forbes secara resmi mengumumkan daftar 10 pendeta terkaya di dunia 2018. Para pendeta kaya ini tak hanya punya gedung gereja dan jemaat yang cukup besar tapi mereka juga diketahui punya bisnis pribadi yang terbilang sukses. Mereka bahkan sampai punya jet pribadi sebagai transportasi ketika melakukan kunjungan atau perjalanan ke berbagai tempat.

Siapakah mereka? Berikut 10 pendeta terkaya di dunia seperti dikutip dari majalah Forbes.

1 . Joseph Prince


Di tahun 2018 ini, kekayaan pendeta megachurch se-asia ini mencapai 5 juta dolar AS. Sementara pemasukannya mencapai 550 ribu dolar per bulan. Pendeta keturunan Sikh ini terbilang pendeta yang sangat diberkati, sebelumnya dia bekerja sebagai konsultan IT. Tapi kini dirinya memilih menjadi pendeta yang sudah punya jemaat di berbagai negara. Prince merupakan satu-satunya pendeta yang punya keahlian dibidang IT dan terbilang aktif membuat video online dan podcast dengan pengikut yang berasal lebih dari 150 negara.

9 T.B Joshua


Dianggap sebagai NNabi oleh sebagian besar jemaatnya, T.B Joshua punya pengaruh yang sangat besar di negara asalnya Nigeria. Pendeta yang satu ini memiliki lebih dari 1.5 juta pengikut di Facebook. Dia juga pernah dikabarkan mengirimkan minyak urapan yang dikirimkan kepada ribuan orang di seluruh dunia, terutama salaam krisis Ebola. Dari laporan yang diumumkan, total kekayaan Joshua mencapai 10 juta dolar.

8. Billy Graham


Diusianya yang ke-99, penginjil kenamaan ini akhirnya menyelesaikan pelayanannya di dunia. Meski begitu, Billy Graham masih meninggalkan begitu banyak kekayaan. Dia adalah salah satu penginjil yang sangat dihormati dan punya pengaruh besar di pemerintahan Amerika. Lewat orasi dan khotbah berapi-apinya, Graham telah berhasil menobatkan begitu banyak orang. Itu sebabnya dia punya banyak pengikut di berbagai belahan negara. Sepanjang pelayanan yang dilakukannya, Graham diketahui mengumpulkan sekitar 2.2 miliar selama pelayanannya. Sementara sisa kekayaan yang dilaporkan sepanjang tahun 2018 ini berkisar 25 juta dolar AS.

7 . Kenneth Copeland


Terkenal dengan pesan khotbah tentang teori kemakmuran dan kelimpahan, Copeland diketahui punya kekayaan sebesar 25 juta dolar. Sebelumnya, Copeland menjalani karir sebagai artis rekaman yang merilis lagu Pledge of Love pada tahun 1957. Selain itu, dia juga punya hobi terbang dengan jet pribadinya Oral Roberts. Copeland dan keluarganya juga tinggal disebuah perumahan mewah seharga 6.3 juta dolar, yang pernah disorot ketika acara ‘Believers Voice of Victory’.

6. Creflo Augustus Dollar


Creflo Augustus Dollar lahir di Amerika Serikat dan menikah dengan Taffi Dollar. Dia menjadi gembala di Gereja Non-Denominasi Dunia di Fulton, Georgia.

Menurut Forbes, pendeta yang satu ini memiliki jumlah kekayaan sebesar 27 juta dolar yang berasal dari lembaga kementeriannya di Amerika Serikat. Dia juga dipercayakan sebagai salah satu Menteri Pendukung Amerika dan memiliki Rolls Royce, lahan perkebunan senilai 2.5 juta dolar.

5. E. A Adeboye


Pendeta E. A Adeboye memulai karirnya sebagai pengkhotbah sembari tetap menjalankan profesinya sebagai profesor di Universitas Lagos, Nigeria. Dia juga sudah punya sekitar 14.000 cabang gereja di Nigeria dan kemungkinan memiliki setidaknya satu cabang di setiap negara.

Seperti ditulis oleh Forbes, jumlah kekayaan Adeboye mencapai 39 juta.

4. Benny Hinn


Dari data yang dikutip, Televangelis Amerika ini memiliki sekitar 42 juta kekayaan. Tapi selama pelayanannya, Benny Hinn banyak mengundang kontroversi karena mengklaim bisa melakukan penyembuhan iman lewat Alkitab. Para pengikutnya juga percaya bahwa ketika dia mendoakan mereka, mereka akan sembuh dari semua jenis penyakit. Di antara beragam jenis barang kekayaannya, Hinn dilaporkan punya satu jet pribadi berjenis Gulfstream G4.

3. Chris Oyakhilome


Pendeta kelahiran Nigeria ini menempati posisi ketiga sebagai pendeta terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan senilai 50 juta dolar. Pendeta Chris dikenal sosok yang sanagt sibuk. Dia juga harus mengurus lembaga sosialnya Loveworld Incorporated yang fokus untuk membantu kemanusiaan dan pendidikan.

Dia juga punya tiga saluran televisi yang berpenghasilan sekitar 2.5 juta per tayangan.

2. Bishop T.D Jakes


Pemimpin dari Potter’s House Megachurch dan pemilik program televisi Potter Touch ini sudah sangat familiar di mata publik. Bahkan Jakes tampak punya kedekatan pribadi dengan Presiden Amerika Josh Bush dan Barrack Obama.

Dari data Forbes, Jakes memiliki nilai kekayaan sebanyak 147 juta dolar. Sebagian diantaranya berasal dari penjualan musik gospel, dan juga buku-bukunya.

1. David Oyedepo


David Oyedepo adalah pendeta terkaya yang dinobatkan oleh Forbes tahun 2018. Penghasilannya saat ini mencapai 150 juta dolar. Selain sebagai pendeta, David dikenal sebagai penulis, arsitek, pengkhotbah dan sebagai uskup tertua dari gereja Faith Tabernacle di Ota, Ogun State, Nigeria dan Living Faith Church di seluruh dunia, yang juga dikenal dengan Chapel Winner.

Dia adalah pendeta yang punya banyak jemaat. Dengan kekayaannya, David punya empat jet pribadi dan beberapa bangunan pribadi di seluruh dunia, termasuk real estate di London, Inggris dan Amerika Serikat.

Selain kesepuluh pendeta ini, kita tentu kenal beberapa pendeta besar yang bukan hanya punya gereja dan jemaat yang besar tapi pengaruh mereka di dunia kekristenan sangat diperhitungkan. Sebut saja seperti pendiri Gereja Saddleback Rick Warren dan juga pendeta Gereja Lakewood Houston Joel Osteen. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami