Tahu Gak Sih, 5 Makanan Ini Ternyata Awet Disimpan Dalam Waktu Lama Loh…

Tahu Gak Sih, 5 Makanan Ini Ternyata Awet Disimpan Dalam Waktu Lama Loh…

Lori Official Writer
1376

Ada banyak orang yang mungkin nggak sadar kalau nggak semua makanan punya masa expired (kadaluwarsa) nya. Ada juga loh makanan yang ternyata bisa tahan disimpan lama.

Mau tahu kan makanan-makanan apa aja sih itu? Yuk dibaca langsung aja di bawah ini:

1. Beras Putih


Beras adalah salah satu produk makanan yang tahan disimpan dalam waktu yang lama. Tahukah kamu kalau masa penyimpanannya bisa sampai tiga puluh tahun loh. Wow! Tapi ingat, proses penyimpanannya pun harus baik loh. Simpan di dalam wadah yang bebas oksigen dengan suhu ruang di bawah 40 derajat celcius.

Baca Juga : Terobsesi Makanan Sehat? Yuk Periksa Dulu Jangan-jangan Kamu Kena Penyakit Ini Lagi…

2. Susu Bubuk


Susu bubuk atau susu kering adalah produk susu olahan yang cocok bagi mereka yang suka minum susu. Kenapa? Karena sebanyak apapun susu bubuk yang kamu beli tetap bisa tahan kog disimpan dalam beberapa waktu lamanya. Beda sama susu cair yang biasanya hanya tahan maksimal 3 hari saja. Selain itu, susu bubuk juga nggak perlu disimpan kog di kulkas karena dalam ruangan bersuhu normal pun susu bubuk akan tetap baik.

3. Saus Kedelai


Saus kedelai banyak digunakan untuk makanan-makanan China. Biasanya saus ini dijadikan sebagai penambah cita rasa makanan. Sebotol saus kedelai bisa bertahan selama bertahun-tahun. Simpa saja saus dengan baik di kulkas, tapi kalau nggak dimasukkan ke dalam kulkas saus tetap dalam kondisi baik kog.

Baca Juga : Badan Rasanya Udah Nggak Sehat? Mulai Rutin Detoksifikasi Pakai 9 Makanan Ini…

4. Madu


Madu adalah salah satu produk alami dan tahan lama. Hal ini disebabkan karena pengolahannya yang sangat murni dan alami. Selain itu, madu asli diyakini bisa bertahan sampai 3000 tahun loh. Tapi proses penyimpanannya juga sangat menentukan kondisinya. Jadi supaya lebih awet, simpanlah madu di wadah kering dan tertutup, seperti botol. Lalu simpan di ruangan bersuhu 5-27 derajat celcius. Karena suhu yang terlalu tinggi hanya akan menghilangkan sifat antibakteriannya.

5. Gula


Sama halnya dengan madu, gula pasir juga adalah bahan makanan mentah yang tahan lama. Tapi gula juga harus tetap dijadi supaya tetap dalam kondisi bagus. Misalnya jangan meletakkan gula dekat dengan bahan yang basah. Karena hal itu hanya akan membuat gula lumer dan rusak. Jadi, simpanlah gula di wadah yang anti air dan kedap udara.

Jadi sekarang udah tahu bahan makanan apa yang nggak masalah kalau distok banyak di rumah. Hanya saja tantangannya ya perlu memperhatikan cara penyimpanannya saja. Nah, buat ibu-ibu mungkin informasi ini penting biar bisa nyetok beras atau gulanya yang banyakan.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Ikuti Kami