Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
728


Merasa ada masalah di pencernaan, belakangan ini aku rutin sekali mencoba sistem detoksifikasi lewat kombinasi makanan. Terakhir, aku coba smoothy brokoli, mentimun dan yohurt. Terus aku juga coba jus wortel kombinasi tomat dan lemon. Aku meminumnya setiap pagi sebelum sarapan. Masih baru beberapa kali aku lakuin, tapi hasilnya bermanfaat banget loh.

Kalau biasanya pencernaanku setiap paginya terasa nyeri, sekarang rasa nyerinya udah nggak lagi terasa. Pastinya ini rahasi sehat yang aku temuin sendiri dan aku coba dengan rutin.

Kebiasaan seperti yang aku lakukan dikenal juga dengan detoksifikasi atau pembersihan tubuh dari sel-sel atau racun yang ada di dalam tubuh. Kali aja pola makan kita selama ini nggak benner dan menyebabkan tubuh bagian tertentu rasanya mudah sakit atau nyeri.

Adapun tanda-tanda kalau tubuh kamu rasanya udah nggak sehat lagi bisa dideteksi dengan beberapa perasaan ini, seperti:

  • Pencernaan nggak lancar
  • Sembelit
  • Mudah lelah dan lemas
  • Suka ngantuk
  • Lambung suka nyeri (bisa karena sakit maag)
  • Otot suka keram
  • Timbulnya gejala-gejala penyakit serius seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah rendah dan sebagainya.

Coba periksa lebih dulu, gejala yang mana yang seringkali kamu alami. Kalau sudah ketemu, cobalah untuk mulai menerapkan sistem detoksifikasi. Salah satu cara detoks yang sederhana dan mudah kamu lakukan bisa dengan puasa penuh atau juga mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

Baca Juga : Detoksifikasi Bagi Pecandu Alkohol Dengan Makanan Sehat

Bagi kamu yang memilih detoksifikasi dengan makanan, ada baiknya mengkonsumsi 9 makanan ini:

1. Jeruk Bali


Mengkonsumsi Jeruk Bali sebagai sarapan sangat bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan, peredaran darah dan juga jantung kamu. Kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi sangat bermanfaat untuk pembersihkan racun di dalam tubuh. Nah, supaya merasakan manfaatnya cobalah mengkonsumsinya secara rutin setiap pagi.

2. Bayam


Ingat film animasi anak Popeye Si Pelaut? Bayangkan saja kog bisa ya Popeye jadi kuat hanya karena meneguk bayam saja? Inilah faktanya, bahwa bayam rupakanya berguna untuk menambah energi dalam tubuh. Selain itu, bayam bisa mengobati anemia, meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh serta menguatkan tulang karena kaya akan kalsium. Yang terpenting bayam bisa jadi detoks untuk membuang racun dalam tubuh.

3. Jeruk

Satu buah jeruk atau segelas besar jus jeruk setiap hari, terutama di pagi hari bisa membuat tubuh fit. Kandungan Vitamin C nya bukan hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga mencegah penyakit, membunuh kuman dan membuang racun dari dalam tubuh. Rutinlah mengkonsumsi jus jeruk atau buah jeruk untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Bawang Putih


Tahukah kamu kalau sebuah penelitian membuktikan kalau orang-orang Jepang bisa berumur panjang karena kebiasaan mereka mengkonsumsi bawang putih. Percaya nggak? Pastinya! Bawang putih sangat baik untuk membersihkan racun di dalam tubuh kita. Senyawa yang ada di dalam bawang putih dipercaya bisa mematikan racun di dalam pencernaan.

Baca Juga : Detoksifikasi, Solusi untuk Kekebalan Tubuh Anda

5. Brokoli


Nah, brokoli adalah salah satu detoksifikasi yang aku pilih. Walaupun rasa dan baunya nggak enak sama sekali, tapi rupanya sayuran hijau yang satu ini tinggi kandungan antioksidan. Brokoli juga sangat baik untuk mematikan racun di dalam tubuh.

6. Alpukat


Alpukat bisa jadi campuran makanan untuk salad. Orang-orang yang menerapkan hidup sehat bahkan nggak pernah ketinggalan untuk menambahkan buah yang satu ini dari diet mereka. Kenapa? Karena alpukat adalah makanan super yang mengandung nutrisi dan asam lemak omega 3 yang tinggi sangat baik untuk membuang racun dari dalam tubuh.

7. Kunyit


Di Indonesia, kunyit dijadikan bumbu dapur, campuran jamu dan juga untuk kecantikan. Kandungan zat yang ada di dalam kunyitlah yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan. Selain bisa menyembuhkan penyakit, kunyit sangat baik dijadikan detoks tubuh untuk membantu membuang racun dan limbah dari dalam tubuh kita.

8. Biji Bunga Matahari

Orang-orang yang memilih cara hidup organik sangat gemar mengkonsumsi makanan yang satu ini. Kandungan serat dan folatnya yang tinggi baik untuk membuang toksin dan limbah dari tubuh.

9. Teh Hijau

Teh hijau yang kaya dengan antioksidan dimanfaatkan banyak orang untuk kesehatan. Segelas teh hijau dipagi hari dipercaya bisa membangkitkan semangat. Bukan cuma itu, teh hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Tentu saja makanan di atas bisa kamu santap tanpa kombinasi apa-apa. Tapi bagi kamu yang merasa kurang suka memakannya secara langsung bisa mengkombinasinya dengan buah atau sayuran lain. Cobalah cari tahu beberapa jenis kombinasi makanan sehat untuk dektoksifikasimu.

Lakukanlah sistem detoks ini secara rutin, minimal 7 hari atau seminggu. Hasilnya pasti akan jauh lebih maksimal dibanding melakukannya sekali-kali saja.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:46:17

Masalah di link komentar FB?by:M:IT$05*[email protected],,

1 Answer

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:44:21

Masalah di Messenger

0 Answer

efendysi siauw 24 May 2018 - 02:05:30

Hai,teman2 seiman.saya minta tolong di doakan agar.. more..

0 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago