Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1020


Pemain sepak bola asal Belanda, Kristian Adelmund buka-bukaan mengenai kasus korupsi dalam dunia persepakbolaan yang ada di Indonesia. Dalam wawancaranya bersama media online Vice Sport, ia mengemukakan kalau korupsi adalah masalah utama sepakbola di Indonesia. 

"Meski keadaan semakin baik saat ini, korupsi tetap menjadi masalah utama sepakbola Indonesia. Sebagai contoh, saya pernah melihat bos lawan membawa pistol ke ruang ganti wasit. Anda tak perlu heran dengan hal itu di Indonesia," terang Adelmund.

Kristian Adelmund juga curhat mengenai perjalanan karir sepakbolanya di Indonesia. Mengawali karir di PSIM Yogyakarta pada 2011, saat dirinya memenuhi undangan Lorenzo Rimkus yang membela club yang sama. Saat itu usia Adelmund menginjak 25 tahun, dimana ia memasuki usia produktif bagi seorang pesepakbola. Ia mengaku jiwa petualangnya yang membuatnya menerima tawaran tersebut. 

Setelah PSIM, kemudian ia bergabung bersama Pesepam Madura. Pada tahun 2013, ia bergabung bersama PSS Sleman. Sebelum kembali ke Belanda karena harus mengurusi ayahnya yang sakit kanker darah, ia membela Persela Lamongan. 

Kisah buka-bukaan lainnya Adelmund kemukakan saat dirinya memutuskan untuk angkat kaki dari Pesepam Madura United tahun 2012. Ia pergi dari PSIM karena gajinya selama berbulan-bulan tidak dibayar. Kala itu Adelmund sempat pulang ke Belanda, namun kembali ke Indonesia lantaran tawaran menggiurkan dari Persepam Madura United. 

Saat itu Madura United membutuhkan seorang pemain asing yang bisa berperan sebagai gelandang serang, padahal posisinya saat itu adalah pemain belakang. Namun Adelmund mengaku kalau agen yang membawanya kembali ke Indonesia seperti telah menjalin kesepakatan dengan pelatih klub. Dalam beberapa pertandingan ia sengaja dimainkan sebagai gelandang serang. 

"Itu benar-benar berjalan dengan sangat baik. Setengah dari musim saya memiliki lima pertandingan dan saya mengirimkan sepuluh assist. Namun tiba-tiba saya didepak tanpa belas kasihan. Dengan cara ini pelatih bisa mengambil pemain baru dan memasukkan sejumlah uang ke kantongnya sendiri," ungkapnya. 

Kendati buruknya korupsi di Indonesia, Adelmund tetap mengatakan ingin berkarir di Indonesia. Ia kerap merindukan hangatnya suasana di Indonesia. Adelmund mengaku kalaupun tidak menjadi pesepakbola, ia bisa memulai karirnya sebagai youtuber di Indonesia bermodalkan followers di Instagram dan kemampuan berbahasa Indonesia yang cukup lancar. 

Alkitab bicara menenai korupsi

Alkitab mencatat sebuah kasus korupsi pada jaman Yesus yang mirip dengan kasus penyuapan. Misalnya saja Yudas Iskariot yang menerima 30 keping uang perak agar bisa ditukar oleh seorang Mesias, Yesus Kristus. Saat ini, siapa sih yang tidak mengenal Yudas? Ia adalah orang yang dipanggil oleh Yesus untuk menjadi MuridNya. 

Dalam Yohanes 12:6b, "karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya." Yudas membawa uang kas. Rasanya sama seperti kita yang sangat dekat dengan praktik korupsi. Kita diberi berkat dari Tuhan secara materi, namun cenderung menjadi pencuri seperti Yudas. 

Korupsi berarti merugikan orang lain dengan mengambil hak yang bukan milik kita. Hal ini tentu bertentangan dengan apa yang Kristus telah ajarkan. Katakan dengan tegas 'tidak' untuk tindakan korupsi.


Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor