Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Ketika Tuhan Memurnikan Hatimu, Jalanilah Dengan Rela Dan Sukacita Sumber : CBN.com

4 August 2017

 4378
[Daily Devotional]

Ketika Tuhan Memurnikan Hatimu, Jalanilah Dengan Rela Dan Sukacita

1 Petrus 1:6-7

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmu35 ; IITes2 ; Yesay23-24

Beberapa pria adalah pandai emas dengan berdagang dan beberapa adalah perajin perak. Tahukah kamu kalau  Tuhan itu seorang perajin perak? Alkitab menggambarkan Dia sebagai Tuhan yang menguji hati kita.

Dia mengatakan kepada kita di dalam Kitab Wahyu,

"Akulah yang menguji batin dan hati orang." (Wahyu 2:23)

Dia juga digambarkan sebagai seorang pemurni and pembersih yang hebat, Dia yang terus-menerus menilik hati manusia, dan yang membentuknya untuk diukir dan membuat kita menjadi sesuatu yang indah dan berharga.

Apa sebenarnya yang Tuhan cari? Dia mencari hati yang dapat secara disebutnya secara unik sebagai miliknya sendiri, satu yang ditangkap dan dimenangkan hanya dengan sebuah tatapan mata-Nya.

Dia rindu untuk menemukan hati yang penuh gairah, seperti wanita Shulam yang dijelaskan dalam surat cinta Salomo. "Kekasihku kubukakan pintu, tetapi kekasihku sudah pergi, lenyap. Seperti pingsan aku ketika ia menghilang. Kucari dia, tetapi tak kutemui, kupanggil, tetapi tak disahutnya." (Kidung Agung 5: 6).

Dia terus-menerus menguji dan mencoba hati kita untuk melihat apakah kita akan setia kepada-Nya dan hanya kepada-Nya saja. Saya hampir bisa memvisualisasikannya di bengkel KerajaanNya, memakai celemek  dan kacamata pelindung sementara hati-hati menempatkan hati kita yang "belum diuji" jauh di dalam perapian batu api yang menyala-nyala.

Proses melelahkan untuk memurnikan dan membersihkan hati akhirnya menghasilkan hati yang murni. Pada tahap akhir penempaan dan pembentukan, hati kita sepenuhnya dibentuk oleh-Nya.

Dia melihat dengan saksama, memastikan bahwa pekerjaan pembakaran ini sangat teliti. Tidak ada yang akan dilewatkan. Dia mengambil beberapa saat untuk menghapus keringat dari kening-Nya ... atau apakah itu air mata dari pipi-Nya? Meskipun demikian, Tuhan menyadari bahwa proses itu sangat melelahkan dan terkadang menghancurkan.

JantungNya sendiri penuh dengan rasa sakit dan kesedihan yang mendalam yang mengenal sepenuhnya apa yang ada di dalam ruang tersembunyi dimana tidak ada yang bisa melihat selain Dia.

"Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?" (Yeremia 17: 9)

Mata tajamnya menembus seperti sinar laser, melesat melewati semua tampilan luar dan mengasah setiap niat yang murni dan setiap tujuan yang sudah dirancang . Tangannya yang lembut mendorong sisa debu yang tersisa saat cahaya memperlihatkan motif yang salah atau niat jahat. Semua gerakan ditimbang, dianalisis dan dibawa ke pemeriksaan Roh Kudus secara tak henti-hentinya.

"Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita." (Ibrani 4:12)

Mengapa Dia melakukannya? Dia melakukannya karena, tanpa terus-menerus "membakar" kotoran itu, kita tidak dapat menjadi tembus pandang dan transparan. Kita harus bisa "melihat" dan "terlihat" sehingga kita dapat lebih dan lebih lagi mencerminkan kemuliaan yang indah dari Tuhan kita Yesus Kristus.

Yang paling pasti Tuhan kita adalah Maha Guru Pengrajin Perak! Keinginannya adalah pengujian yang terjadi... terbukti benar, untuk memenuhi mandat akhir zaman mempersiapkan gereja yang kudus dan tidak bercela (Efesus 5: 27 ).

"Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya." (Wahyu 21: 2)

Apakah kamu  sedang merasajan  panasnya api pemurnian itu? Ijinkan saya mendorong kamu untuk menyerahkan dirimu pada proses Tuhan itu. Izinkan Dia untuk membuktikan kepada kamu dengan menyulut hatimu dengan semua api yang menghanguskan-Nya itu! Inilah satu-satunya cara Tuhan mengetahui siapa yang benar-benar milik-Nya sendiri.

Maukah kamu mengizinkan Sang Ahli Perak yaitu Tuhan untuk membentuk dan membuat hatimu menjadi serupa dengan citra Putra-Nya, Yesus Kristus, yang telah diadili ... dan ternyata benar!

Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." (2 Petrus 1:17)

Hak Cipta © Missey Butler. Digunakan dengan izin.

Sumber : CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us