Jika sedang Susah, Jangan Tawar Hati
Kalangan Sendiri

Jika sedang Susah, Jangan Tawar Hati

daniel.tanamal Official Writer
      5492


"Sebab itu aku minta kepadamu, supaya kamu jangan tawar hati melihat kesesakanku karena kamu, karena kesesakanku itu adalah kemuliaanmu." 

Efesus 3:13

Tanpa terkecuali, yang namanya masalah adalah bagian dari kehidupan manusia. Jika sudah begitu, kita tidak dapat menghindar atau lari dari masalah. Kita harus menghadapinya! Percaya kepada Yesus bukan berarti perjalanan hidup mulus ibarat melewati jalan tol. Bukan berarti pula kita langsung memiliki kehidupan yang berlimpah dengan berkat.

Justru pada saat kita 'berlabel Kristen' kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Tuhan Yesus berkata, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." (Matius 16:24). Dengan adanya masalah demi masalah yang menghiasi perjalanan hidup kita bukan berarti Tuhan tidak mengasihi dan mempedulikan kita. Justru dengan masalah yang ada Dia hendak membentuk dan memproses kita supaya iman kita makin kuat dan berakar di dalam Dia.

Seringkali kita menjadi lemah dan tawar hati ketika permasalahan datang menimpa. Kita berharap Tuhan segera memberikan pertolongan dan menjawab doa-doa kita. Namun jika pertolongan Tuhan tidak kunjung datang kita kecewa dan tidak lagi punya semangat untuk mencari Tuhan lagi. Mari belajar dari Rasul Paulus! Meski harus menghadapi masalah dan penderitaan ia tetap bertahan dan mampu menjaga hatinya agar tidak menjadi tawar. (2 Korintus 4:16).

Paulus tahu pasti bahwa penderitaan yan dialaminya itu tidak sebanding dengan kemuliaan kekal yang Tuhan sediakan kelak. Inilah yang menjadi kekuatan Paulus! Tawar hati hanya akan membuat kita makin lemah dan tak berdaya menghadapi masalah yang ada, sebab "Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu." (Amsal 24:10).

Sebaliknya, hadapi setiap masalah yang ada dengan penuh iman! Jangan hanya karena masalah, kita menjadi undur dan meninggalkan Tuhan. Kita akan rugi besar!



Ikuti Kami