4 Ungkapan Bela Sungkawa Menyentuh, Tapi Pelukan Kadang Lebih Bermakna Dari Kata-kata

Single / 10 December 2017

Kalangan Sendiri

4 Ungkapan Bela Sungkawa Menyentuh, Tapi Pelukan Kadang Lebih Bermakna Dari Kata-kata

Naomii Simbolon Official Writer
3223

Apakah kamu pernah memiliki teman atau sahabat yang kehilangan orang yang dicintainya?

Misalkan kehilangan suami atau orangtua bahkan anaknya. Ucapan bela sungkawa merupakan sesuatu yang paling tepat untuk menunjukkan rasa perhatian kita terhadap mereka. bukan begitu?

Namun ternyata ada beberapa orang yang kadang merasa nggak enakan jika harus mengucapkan sesuatu sehingga pada akhirnya hanya memberi salam dan mengucapkan kata-kata yang bukan berasal dari hatinya sendiri.

Untuk mengungkapkan bela sungkawa kepada teman yang sedang berduka cita, kita memerlukan rasa empati. Rasa empati merupakan sebuah perasaan yang peka dan simpatik, terhadap apa yang dialami orang lain. Orang yang memiliki rasa empati yang tinggi, akan dapat memposisikan diri sebagai orang lain yang menjadi objek.

Sedangkan tujuan mengekspresikan simpati dan empati adalah untuk menawarkan belas kasih dan perhatian kita kepada orang yang sedang berduka tersebut. Hal yang terpenting yang bisa kamu komunikasikan kepada teman atau sahabat yang sedang berduka adalah berada disana untuk mereka dengan cara apapun yang mereka inginkan.

Cobalah melakukannya dan mengucapkan kata-kata berikut:

1  "Aku disini untukmu.”

Kesedihan adalah proses yang sangat sulit. Sulit karena melihat seseorang yang kita sayangi, terluka secara emosional. Tentu, sebagai teman atau pasangan, kita ingin memperbaiki situasi,  yang walaupun ini benar-benar diluar kendali.

Jadi hal yang paling membantu yang bisa kita lakukan adalah menawarkan diri untuk ada bersama mereka dan menemani mereka dalam kapasitas apapun yang mereka butuhkan. Dalam situasi ini, mereka akan sangat terbantu dengan orang-orang yang selalu ada disisi mereka untuk melalui situasi yang sulit ini.

2  “Saya mengerti dan merasakan apa yang kamu rasakan.”

Yap! Kata-kata ini merupakan bentuk ekspresi empati yang dalam dan benar-benar membantu mereka untuk nggak merasa terisolasi.

Dengan ungkapan ini, mereka akan merasa bahwa mereka memiliki teman. Mereka nggak sendirian dalam kesedihan mereka.

3  “Apa aku bisa peluk kamu?”

Memang nggak semua orang suka disentuh atau dipeluk saat mereka berduka, tapi nggak ada salahnya kamu bertanya dan memeluk mereka.

Pelukan merupakan isyarat cinta dan kenyamanan yang paling besar bagi orang yang sedang mengalami duka. Tindakan ini bisa sangat membantu mereka. Orang yang berduka nggak hanya membutuhkan kata-kata belaka saja, kadang pelukan adalah sebuah keinginan ataupun kebutuhan mereka.

Memang sih, pelukan bukan berarti menghilangkan semua rasa sakit dan sedih mereka, namun minimal ini akan membantu orang tersebut melewati saat yang sulit itu.

4  “Hey, yang tenang ya. Aku sangat mengasihimu. Yang kuat.”

Kalau kamu cukup dekat dengan orang yang telah kehilangan orang yang dicintai tersebut, ingatkan mereka bahwa ada orang lain yang mencintai dan mengasihi dia, dan nggak ingin melihatnya berlama-lama dalam kesedihan.

Seseorang yang berduka, sering merasa sendirian dan terisolasi. Kamu bisa membantu mereka melalui prosesnya.

Demikian 4 ungkapan bela sungkawa yang perlu kamu pahami dan sampaikan kepada mereka yang sedang berduka. Ucapkan dengan rasa empatimu dan tetaplah disana untuknya sebagai teman atau pasangan terbaik. Jangan tinggalkan dan jangan lupa untuk mendoakan hatinya supaya nggak berlarut dalam kesedihan.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami