Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
161


Dalam pernikahan ternyata penting untuk membahas soal pembagian waktu liburan ke rumah keluarga dua belah pihak. Hal ini tepat sekali mulai dibicarakan sejak menjalani konseling pra-nikah. Karena dengan itu, baik suami dan istri sudah punya kesepakatan bersama soal apa yang boleh dan tak boleh dilakukan setelah menikah. Selain itu, pasangan menikah akan lebih mudah menentukan pilihan di hari-hari tertentu, misalnya dimana harus merayakan Natal dan Tahun Baru. Atau apakah penting untuk berkunjung ke rumah keluarga di momen-momen lain seperti ulang tahun atau perayaan lain?

Baca Juga : 5 Tips Ini Bantu Liburan Keluarga Anda Menjadi Lebih Berharga

Dengan membahas pembagian waktu berkunjung, suami istri yang mungkin punya waktu liburan yang terbatas tak perlu harus ngotot dan berdebat untuk memilih tujuan liburan keluarga.

Untuk mencegah munculnya masalah dan konflik di masa-masa liburan, ada baiknya suami istri melakukan 6 perencanaan ini.

1. Tetapkan rencana yang realistis

Suami istri yang masih punya keluarga lengkap tentu saja akan selalu mengutamakan keluarganya untuk dikunjungi saat liburan. Tapi tentunya harapan itu nggak selalu bisa terwujud karena bisa saja salah satu pihak lebih ngotot dan membeberkan alasan-alasan tertentu yang tak terelakkan. Daripada merasa kesal dengan keputusan pasangan, mendingan memintanya untuk merencanakan liburan yang benar-benar realistis, mulai dari memperhitungkan waktu, keuangan dan juga kondisi.

Kalau memang memungkinkan tak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi keluarga dari kedua belah pihak.

2. Jangan fokus hanya pada kepentingan diri sendiri

Sebagai suami yang berhak memutuskan setiap pilihan yang akan dilakukan keluarga, bukan berarti suami bisa seenaknya memaksa istri dan anak-anaknya untuk harus selalu liburan ke rumah keluarganya. Seorang suami juga sudah sepatutnya menghargai istri dan juga pendapatnya. Kalau memang dia tahun ini sudah cukup rindu untuk pulang ke rumah keluarganya, kenapa nggak mengatur rencana sedemikian. Apalagi kalau misalnya, orangtua dan mertua tinggal di satu daerah yang nggak terlalu berjauhan. Ada baiknya membagi waktu untuk liburan bareng kedua belah pihak keluarga.

3. Ciptakan kekeluargaan yang penuh gotong royong

Kalau kalian kebetulan ditunjukkan sebagai tuan rumah untuk Natal dan Tahun Baru kali ini maka mulailah menyusun persiapan. Seenggaknya semua keluarga pasti akan datang. Dan untuk meminimalisir kondisi-kondisi yang nggak diharapkan, mintalah semua keluarga yang datang untuk membawa perabotan yang mungkin kalian nggak punya. Hal itu bisa meminimalisir masalah yang akan memicu stress dan frustasi di hari libur.

Baca Juga : Miliki Liburan Keluarga Bebas Stress

4. Bubuhi liburan kalian dengan humor

Cara paling mudah untuk bisa menikmati liburan adalah dengan membubuhi momen kebersamaan kalian dengan sedikit humor. Hindarilah ucapan dan tindakan yang bisa menyinggung orang lain. Pilihlah obrolan-obrolan yang ringan dan menciptakan atmosfer sukacita dan penuh tawa.

5. Jangan rusak liburanmu karena kondisi yang tak mendukung

Jarak yang cukup jauh untuk sampai ke rumah keluarga mungkin akan sangat melelahkan. Tapi bukan berarti kondisi itu harus membuat liburanmu berantakan. Saat kalian tiba di rumah, jangan serta merta menghindari momen kumpul keluarga hanya demi melampiaskan rasa lelahmu dengan tidur. Ingatlah, liburan pulang kampung adalah momen yang bisa kalian lakukan sekali setahun saja. Karena itu, nikmatilah waktu lebih banyak dengan orangtua dan sanak saudaramu. Toh, kamu juga bisa istirahat saat malam tiba.

6. Sampaikan rencana liburan kalian lebih dulu kepada keluarga

Saat hendak liburan ke rumah keluarga, sampaikanlah lebih dulu rencana itu kepada mereka. Sampaikan pula berapa lama kira-kira kalian akan tinggal dan kapan akan pulang. Hal ini penting supaya kaian dan keluarga juga punya persiapan yang matang. Baik mereka bisa mengatur semua kebutuhan selama kalian ada.

Baca Juga : 5 Kiat Kreatif Liburan Keluarga Bahagia Masa Kini

Inilah sebagian cara yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir masalah yang muncul saat liburan tiba. Jangan pernah memutuskan untuk liburan kalau ternyata kalian tak sepakat dengan itu. Karena liburan dengan hati terpaksa hanya akan menghabis-habiskan energi, waktu dan uang tanpa dibarengi dengan sukacita dan damai di hati. 

Sumber : Huffingtonpost.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:24:26

Sya mnta bntuan buat ibunda q trsyang agar lepas d.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us