Demi Perdamaian di Indonesia, Mahasiswa Kristen Sambangi Pondok Pesantren di Jawa Timur

Demi Perdamaian di Indonesia, Mahasiswa Kristen Sambangi Pondok Pesantren di Jawa Timur

Budhi Marpaung Official Writer
2065

Sejumlah mahasiswa Kristen yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melakukan Parade Kebangsaan yakni kunjungan kasih ke berbagai pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan selama 5 hari itu telah dimulai sejak 2 Oktober 2017 lalu.

Adapun lokasi pertama yang disambangi oleh pengurus pusat dan sejumlah pengurus cabang GMKI di Wilayah V adalah Pondok Pesantren Ngalah. Kedatangan Arnold L. Panjaitan dan kawan-kawan langsung disambut pengasuh dan pendiri Pondok Pesantren Ngalah, K.H. M. Sholeh Bahruddin.

Baca juga: Inilah Jawaban Alkitab Mengapa Orangtua Kristen Wajib Tanamkan Nasionalisme Kepada Anak!

Menurut Arnold, apa yang mereka sedang lakukan adalah upaya untuk mendobrak sekat di dalam keberagaman agama di Indonesia. 

"Dengan demikian akan tercipta keterbukaan serta keharmonisan antar lintas Agama," ujar Arnold seperti dikutip Surya co.id, Selasa (3/10).

Lebih jauh Arnold menjelaskan bahwa Bhinneka Tunggal Ika mengharuskan seluruh elemen bangsa agar membuka diri dan memahami satu sama lain.

“Dengan demikian dapat mempermudah gerak langkah bersama dalam menghindarkan cengkraman radikalisme, fundamentalisme dan intoleransi. Karena kebaikan bersama di dalam persatuan dan kesatuan bangsa ada harga mati," imbuh Arnold.


(Ilustrasi / sumber: okeline.com)

Sementara itu, K.H. M. Sholeh Bahruddin menyatakan bahwa Bhinneka Tunggal Ika adalah jati diri dan harga diri bangsa Indonesia. "Sehingga perjuangan untuk merawat dan menjunjung semboyan ini tidak akan mengenal kata henti," kata K.H. M. Sholeh Bahruddin.

Selain berdialog, para pengurus GMKI juga diajak berkeliling melihat lingkungan Ponpes Ngalah yang memang diketahui pluralis dan inklusif tersebut.

“GMKI berterima kasih banyak kepada pihak Pesantren Ngalah, Pasuruan. Semoga semakin banyak santri-santri hebat yang siap untuk berkarya memajukan Indonesia lahir dari Pesantren ini," pungkas Arnold.

Sumber : surabaya.tribunnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami