Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
1603


Kartu kredit adalah cara tercepat untuk mendapatkan dana dari bank. Seharusnya dana dari kartu kredit tersebut digunakan untuk modal usaha atau bisnis. Misalnya ambil beras grosiran dari distributor dan dijual eceran ke toko atau kios, sehingga di awal bulan bisa melunasi dan mengambil lagi sebagai modal awal.

Namun bagaimana jika akhirnya dipakai untuk konsumtif dan akhirnya terjerat hutang dan bunga menjadi berbunga seperti taman bunga dan kamu bahkan kesulitan untuk membayarnya?

Inilah cara mengatasi hutang kartu kredit dengan aman dan cepat:


1. Menambah pemasukan 

Jika dengan pendapatan kamu yang sekarang udah megap-megap buat bayar cicilannya, maka sampai kapanpun akan sukar buat membayarnya. Jadi mulai pikirkan bagaimana menambah pemasukan alias mencari dana tambahan. Tidak mudah memang, tapi mulai berpikir dan berdoa.

Contoh :

- Seorang teman menjual gorengan dan nasi kuning yang diambilnya dari pasar dan dibawa ke kantornya dijual ke teman-temannya, dinaikkan dikit harganya. Hasilnya, lumayan buat nutup uang makan hari itu sehingga jatah uang makannya bisa ditabung buat bayar kartu kredit.

- Jika kamu senang nulis, bisa jadi penulis konten freelance di beberapa website.

- Jadi dropshipper di tokopedia dan bukalapak.

- Dan lain sebagainya.


2. Mengubah cicilan menjadi smart pay atau smart spending

Biasanya kita akan ditagih oleh bank penerbit kartu kredit sebesar 10% dari besarnya total pemakaian. Namun jika kamu membayar hanya 10% tersebut percayalah, cicilan tersebut tidak akan pernah lunas karena ada iuran ini itu. Jadi kamu bisa mendatangi bank penerbit kartu kredit dan minta kepada mereka untuk mengubah pola pembayaran menjadi cicilan tetap bulanan atau istilah mereka smart spending. 

Kamu tetap membayar cicilan tapi nilainya tetap dan hutangmu akan berkurang bertahap.


3. Memakai jasa gesek tunai

Kabarnya praktek gesek tunai dilarang oleh BI, namun masih banyak orang yang melakukannya sampai sekarang. Caranya adalah membayar dan mengurangi.

Contoh :

Hutangmu ada 5 juta dan total plafon kartu sebesar 15 juta. Kesanggupan kamu membayar sebesar 500 ribu setiap bulan. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mendatangi gesek tunai, menggesek kartu kreditmu sebesar Rp. 4,5 juta. Memang ada biaya admin sekitar 2,8%, tapi jauh lebih kecil dari gesek di atm. Jadi sekarang kamu ada uang Rp.4,5 juta + 500 ribu, bayarkan ke tagihan kartu kredit sekarang. 

Ditagihan mendatang, tagihan totalmu sebesar 4,5 juta. Ambil/gesek tunai  kembali 4 juta rupiah + 500 ribu uangmu, bayarkan ke tagihan tersebut. 

Tagihanmu akan jadi 4 juta rupiah di bulan berikutnya. Ambil/gesek tunai kembali 3,5 juta + 500 ribu uangmu, bayarkan ke tagihan tersebut.

Begitu seterusnya sampai total hutangmu lunas.


Nah kira-kira seperti itu cara untuk melunasi kartu kredit. Semoga berhasil. ingat yang paling penting adalah mengatur keuangan sebaik-baiknya.


 



Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Vin 24 November 2017 - 02:37:57

Pernikahan saya spt sudah diujung tanduk..saya sud.. more..

1 Answer

Ledo Kartono 22 November 2017 - 12:15:48

apa saja contoh kesombongan dalam religius

1 Answer

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

1 Answer


Herman Tan 24 November 2017 - 07:17:01
Tolong doakan sahabat saya joseph k yang mengalami... more..

Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

Banner Mitra Week  3


7335

advertise with us