Nggak Seorang Pendosa pun yang Layak Masuk Surga, Tapi Kasih Karunia-Nya Cukup Bagimu!
Kalangan Sendiri

Nggak Seorang Pendosa pun yang Layak Masuk Surga, Tapi Kasih Karunia-Nya Cukup Bagimu!

Lori Official Writer
      7004

1 Korintus 6: 11

….Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.


Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu58[/kitab]; [kitab]Marku8[/kitab]; [kitab]IIRaj18-19[/kitab]

Aku banyak menerima email, telepon dan pesan teks yang isinya doa katanya, “Doakanlah aku, aku nggak bisa berhenti berbuat dosa.”

Ijinkanlah aku menyampaikan kabar bagi ini ke kalian semua hari ini. “Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.” (1 Korintus 6: 9-11)

Inikah kabar baik itu, Brad? Mari aku tunjukkan beberapa khotbah dari bagian ini!

Di Matius 5: 28, Yesus berkata, “Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.” Apakah menurutmu pesan ini menjauhkanmu dari surga? Kalau kamu menafsirkan ayat di atas nggak berisi anugerah Tuhan, jawabannya ya. Aku banyak kenal orang-orang pemabuk, pemalu, tukang fitnah dan penjahat seksual yang masuk surga. Kog bisa?

Jawabnya ada di 1 Korintus 6: 11, “Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.”

Nggak ada seorangpun yang hidup sempurna setelah mereka bertobat dan percaya Yesus. Karena hanya dengan kasih karunialah kita diselamatkan (baca Efesus 2: 8-9).

Kita bisa tiba di surga bukan karna apa yang kita lakukan. Tapi Tuhan memperlayakkan kita masuk ke dalam kerajaan-Nya karena iman dan kepercayaan kita semata. Dia membeli sesuatu yang nggak bisa kita beli. Semakin kita mengandalkan Roh Kudus, semakin kita terlepas dari kuasa dosa. Bukan berarti kita akan benar-benar hidup tanpa dosa sampai Tuhan memanggil kita pulang. Dosa itu sendiri memang akan membuat hidup kita sengsara tapi dosa itu sendiri nggak bisa memisahkan kita dari kasih Tuhan.

Karena dosa, keluarga kita bisa hancur. Karena dosa kita bisa melakukan kebrutalan-kebrutalan dalam hidup. Tapi dosa itu nggak bisa memisahkan kita dari Tuhan kalau kita menaruh iman dan kepercayaan kita kepadaNya (Roma 8: 38-39).

Kalau ada orang yang kemudian mengungkit-ungkit dosa-dosa masa lalumu, itu tandanya bahwa orang itu sama sekali nggak mengenal dan menerima kasih Tuhan. Ini mirip semacam kisah anak yang hilang dalam Lukas 15: 11-32. Mungkin orang-orang yang membesar-besarkan dosamu adalah si anak sulung yang kehilangan kasih Bapa. Dan kita sebagai anak bungsu yang setelah berbuat dosa kembali kepada Bapanya. Uniknya, sang Bapa bahkan menyambut bahagia kepulangan sang anak bungsu dengan bahagia. Bapa sama sekali nggak menghukum dia atau mengungkit masa lalunya. Sebaliknya, dia mengasihi dan mengembalikan warisan kepadanya.

Semoga Tuhan memberkati kita dengan cara-Nya yang hebat. Semoga kita semua seperti anak bungsu itu, yang kembali kepada Bapa setelah berbuat dosa. 


Kasih karunia Tuhan itu cukup untuk menebus kita dari jurang dosa

Ikuti Kami