Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2680


Perumpamaan pohon ara yang disebutin dalam Matius 24: 32-35, Markus 13: 28-31 dan Lukas 21: 29-33 mengingatkan kita sama ucapan Yesus saat mengutuki pohon ini karna nggak berbuah. Peristiwa ini pun memunculkan pertanyaan unik: Seperti apa sih pohon ara itu?

Pohon ara dalam bahasa latin disebut Ficus carica. Sementara di bahasa Arab-nya disebut tin. Pohon ini umumnya tumbuh di daerah kering tropis atau lembab sub tropis seperti di Asia Minor (Iran, Irak, Yordania, Siria, Palestina, Israel dan sebagian Mesir) dan sekitaran Laut Tengah (Yunani dan Spanyol).


Jenis-jenis pohon ara

Salah satu jenis pohon ara yang dikenal terdapat di Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) yang dikunjungi JC Channel. Jenis pohon ara yang ada di sana berasal dari Israel. Sementara yang lainnya ada yang berasal dari Yordania, Turki, Palestina, Prancis, serta varian unik Tiger Fig (panache).

Beda negara asal, beda pula bentuk daun, bentuk buah dan musim buahnya. Tapi yang penting kamu tahu bahwa jenis pohon ara yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah pohon ara Israel, Turki dan Arab. Daerah beriklim tropis seperti di Jawa jadi tempat yang pas untuk melestarikan pohon ini di Indonesia.



Tinggi pohon ara

Sumber: REC 

Jenis pohon ara yang ditemukan di Indonesia memang berukuran kecil. Sementara di dalam Alkitab, kita bisa temukan kisah waktu Zakeus smemanjat pohon ara supaya bisa ngelihat Yesus. Dan ternyata pohon ara ada yang tumbuh dengan pohon besar.

Sebagaimana penulis temukan kalau tinggi maksimum pohon ara berkisar antara 4.9 sampai 9 meter. Daunnya lebar bercabang tiga sampai lima dan bertekstur kasar.

Selain itu, pohon ini diperkirakan bisa berbuah dua kali dalam setahun. Biasanya musim panen terjadi pada bulan Juni sampai Agustus.


Manfaat buah ara

Selain bisa dijadikan sebagai obat, buah ara juga bisa dibuat cemilan seperti manisan dan kue. Buah ara diketahui mengandung 29 kandungan termasuk serat, kalsium, gula dan vitamin tinggi. Itu sebabnya buah ara ini berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit mematikan seperti kanker, kolesterol dan meningkatkan sistem imun.

Bagian yang paling bermanfaat dari pohon ara adalah buah dan daunnya: Adapun cara memakan buah ara bisa dilakukan dengan:

- Memakannya secara utuh (mentah dan matang)

- Merebus daunnya dan meminum rebusannya

- Buahnya yang mentah bisa diawetkan

- Buah matang bisa dijadikan sebagai selai kue atau buat campuran roti atau kue


Pohon ara dalam pandangan Kristen

Pohon ara merupakan pohon ketiga yang disebutkan di Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama, seperti ‘pohon kehidupan’ dan ‘pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat’.

Lalu yang lainnya disebutkan bahwa daun pohon inilah yang dipakai Adam dan Hawa untuk menutupi ketelanjangan setelah kejatuhan dalam dosa.

Perumpamaan pohon ara yang disebutkan dalam Alkitab diyakini merupakan teguran Yesus kepada orang Yahudi sendiri. Merekalah yang dianggap sebagai ‘pohon ara’ yang tidak berbuah itu. Dimana daunnya saja yang lebat tapi tidak menghasilkan buah. Dalam artian, mereka taat dengan pekerjaan keagamaan, tapi mandul dalam buah-buah kebenaran.

Buat kamu yang mau menyaksikan video lengkap Fakta Alkitab episode Pohon Ara, kamu bisa klik DI SINI.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us