Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6308


Pijatan ternyata tidak hanya berguna untuk meredakan rasa sakit dibagian tubuh tertentu. Tapi pijatan juga ternyata bisa meredakan rasa nyeri di beberapa titik di bagian tubuh, seperti sakit perut, tekanan darah sampai nyeri karena haid.

Pijat merupakan jenis terapi alternatif yang bisa dipilih selain mengkonsumsi ramuan tradisional atau jamu. Karena itu pijat juga sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri haid loh. Kamu wanita bisa mempraktikannya dengan melakukan 3 teknik pijat ini:

1. Memijat area tangan

Memijat-mijat sekitar tangan antara ibu jari dan telunjuk diklaim dapat meredakan rasa nyeri dan begah yang dirasakan saat haid atau menstruasi. “Jadi selama nggak bermasalah, dan terasa nyaman, enak, ya tidak apa-apa. Silakan saja dipijat atau ditekan-ditekan tangannya ketika menstruasi," tutur dr Prapti Utami, M. Si, praktisi herbal medik.

2. Memijat area tumit

Selain area antara jempol dan telunjuk, memijat di area tumit juga dipercaya dapat meredakan nyeri haid. Hal ini dikatakan oleh penulis buku dr Susan's Solutions: The Menstrual Cramps Cure. Caranya adalah dengan duduk nyaman di atas karpet atau bantal yang empuk dan tempelkan kedua telapak kaki. Setelah itu gunakan kedua jempol tangan untuk memijat bagian tengah tumit minimal selama tiga menit.

"Teknik pijat ini akan membantu merangsang pelepasan endorfin yang selama ini diketahui sebagai hormon kuat yang sanggup mengatasi berbagai rasa nyeri," tandas Susan.

3. Memijat di area sekitar perut

Adapun cara pijat yang bisa dilakukan adalah:

1. Tempatkan telapak tangan di bagian perut dekat pusar.

2. Dengan telapak tangan, buatlah gerakan melingkar di sekitar pusar searah dengan jarum jam. Lakukan dengan perlahan selama beberapa kali putaran.

3. Alihkan pijatan dengan menggunakan ujung jari. Gunakan ujung jari untuk memberi beberapa tekanan pada bagian perut. Tekan-tekan sedikit sambil lakukan dengan gerakan memutar seperti langkah kedua.

4. Saat menemukan titik yang sakit, berhentilah sejenak di titik tersebut. Tekan lebih dalam dan tahan sebentar. Kamudian tarik nafas dalam-dalam dan bernafaslah dengan perut.

5. Setelah dirasa cukup, tahan tangan di bagian dekat pusar selama beberapa saat. Tarik nafas dalam-dalam, dan relaksasikan pundak agar otot perut juga ikut rileks.

Tapi ingat, tiga teknik memijat ini tak selamanya bisa diterapkan, khususnya ketika rasa sakit haid tak lagi tertahan dan mengganggu produktivitas. “Kalau nyerinya sudah sampai pingsan itu yang nggak bisa. Kalau sudah begitu harus ke dokter untuk diperiksa,”ucap dr. Susan.

Sumber : Detik.com/Kompas.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

ferdhika sandy putra 19 October 2017 - 09:04:56

Dosa gak kalo kentut di gereja?

2 Answer

Isabel Frilia 18 October 2017 - 16:17:55

Mohon doanya bagi saya dan suami,saya punya anak s.. more..

1 Answer

vincent nichollas 16 October 2017 - 22:29:40

Kisah orang yang mau mengikuti Yesus

1 Answer


Dedi Hermanto Telaumbanua 19 October 2017 - 18:02:14
??????

evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Banner Mitra Week  3


7318

advertise with us