Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
2006


Sudah memikirkan kapankah kamu akan mengakhiri karir di dunia kerja? Atau jangan-jangan kamu mengalami ketakutan melihat orang-orang sekitarmu yang hidupnya jadi menderita setelah pensiun, entah itu pensiun dini ataukah pensiun karena usia? Siap atau tidak, tetapi fase pensiun itu setiap kita harus lewati.

5 tips berikut dapat membuat datangnya hari-hari pensiun tidak lagi menjadi momok yang menakutkan, tetapi justru dapat kita jalani dengan penuh sukacita. Apa saja tipsnya?

1. Mengerti apa yang menjadi impianmu setelah pensiun. Setelah kamu tidak lagi berkarir di dunia kantor, apa yang ingin kamu lakukan? Apakah kamu ingin berjalan-jalan di berbagai kota yang ada di Indonesia atau sejumlah negara di Asia atau Eropa? Atau justru kamu hanya ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarga? Mungkin juga kamu justru ingin melakukan bisnis yang selama ini tidak akan mungkin bisa dijalankan karena profesi yang kamu jalani? Apapun itu mulai rencanakan dari sekarang. Jika kamu adalah seorang suami atau istri, bicarakan rencanamu dengan pasangan dari hati ke hati.

2. Tentukan angka keuanganmu di saat masa pensiun. Mulailah dengan mengidentifikasi berapakah jumlah uang ada padamu sekarang setiap bulannya. Lalu kalkulasikan berapa banyak yang kamu pikir jumlah uang yang perlu kamu kumpulkan untuk kamu bisa wujudkan atau jalankan mimpimu.

3. Pahami dimanakah posisimu saat ini dan apa yang bisa kamu lakukan untuk menolong situasimu. Di sinilah sebenarnya kamu memulai untuk mewujudkan impian masa pensiunmu. Kini kamu mengetahui dimanakah dirimu dan bagaimanakah kamu akan bisa sampai di sana.

4. Selalu cek gaya hidupmu. Hal-hal yang akan cepat menggagalkan impian pensiunmu adalah keputusanmu sendiri. Terlalu banyak orang merayakan kenaikan gaji justru dengan berutang dalam jumlah yang lebih tinggi lagi. Daripada melakukan itu, rencanakan sesuatu yang lebih baik: lihat apa yang bisa dilakukan oleh kenaikan gaji yang kamu dapat sekarang untuk membantumu keluar dari utang atau untuk meningkatkan investasimu.

5. Buat keputusan untuk 5 tahun mendatang. Saat kamu mengambil keputusan, lihatlah akan seperti apa nantinya efek dari keputusan itu bagi hidupmu lima tahun mendatang. Tidak hanya kamu akan lebih berhati-hati dalam membuat keputusan bidang keuangan, tetapi kamu akan mulai mengenali dampak dari masa pensiun impianmu.

Seperti apapun impian masa pensiunmu, itu adalah sesuatu yang kamu idam-idamkan. Pastikan itu terwujud sehingga tidak ada penyesalan nantinya.

Sumber : cbn.com / Chris Hogan


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer

Tresia 23 February 2020 - 10:00:21

Shalom.. saya ingin menanyakan info rehab Kristen .. more..

0 Answer

Yehezkiel 23 February 2020 - 00:16:02

Bebas dari pornografi

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)