Paus Fransiskus Pertimbangkan Soal Pria Menikah Diangkat Jadi Imam
Sumber: www.wnycatholic.org

Internasional / 10 March 2017

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Pertimbangkan Soal Pria Menikah Diangkat Jadi Imam

Lori Official Writer
3377

Dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan oleh media Jerman Die Zeit pada Kamis, 9 Maret 2017 kemarin, dituliskan soal pernyataan Paus Fransiskus akan mempertimbangkan menahbiskan pria yang menikah menjadi imam. Dia tahu betul bahwa peraturan Gereja Katolik memang mengatakan bahwa hanya orang-orang yang hidup selibatlah yang bisa diangkat menjadi imam. Tapi dia mengaku akan menimbang hal ini sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan pendeta, terutama di gereja-gereja di desa terpencil.

“Kita harus berpikir tentang apakah Viri Probati (laki-laki yang sudah menikah dalam sebuah agama) memungkinkan (menjadi imam). Kemudian kita harus memutuskan tugas-tugas apa yang bisa mereka kerjakan, misalnya, di masyarakat terpencil,” kata Paus.

Paus juga mengatakan bahwa calon imam yang memutuskan mereka harus hidup selibat bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi dia menyarankan supaya masalah soal hal ini tetap akan didiskusikan lebih lanjut. Dia juga mengatakan sudah menerima begitu banyak proposal yang memintanya untuk mengijinkan peraturan tersebut.

Memang pada tahun 2015 silam, Paus memang pernah menyampaikan bahwa peraturan ‘hidup selibat imam’ Katolik sudah kuno dan bukan bagian dari doktrin gereja. Karena itulah Kardinal Brasil Claudio Hummes meminta pemimpin Katolik itu untuk merealisasikan kebijakan tersebut.

Sementara Persekutuan Imam Katolik Amerika Serikat, yang melayani di paroki Amerika, menyambut baik pemikiran Paus tersebut. Meski begitu, pertimbangan ini sepertinya masih perlu akan didiskusikan oleh para petinggi Gereja Katolik.

Sumber : Voanews.com/Outlookindia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami