5 Tips Menghindari Kecanduan Game

5 Tips Menghindari Kecanduan Game

Lusiana Official Writer
3831

Bermain game merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Baik itu game offline, seperti playstation dan game di smartphone, maupun game online yang biasanya menggunakan jaringan internet. Menurut penelitian dari Oxford University, anak-anak yang punya kebiasaan bermain game selama 1 jam atau kurang dalam sehari, cenderung terlihat lebih senang daripada mereka yang tidak pernah bermain game sama sekali. Viviane Kovess-Masfety dan peneliti lainnya di Eropa juga menyebutkan bahwa bermain video game berdampak positif terhadap perkembangan intelektual pada anak-anak. Namun, kesenangan dalam bermain game ini perlu untuk dibatasi karena ternyata bermain game yang bisa menyita banyak waktu akan cenderung membuat pemain menjadi kecanduan game. Kecanduan bermain game mengharuskan pemainnya duduk sangat lama sehingga perlu memperhatikan kesehatan pemain. Kecanduan game juga bisa membuat seseorang menjadi boros hanya untuk mendapatkan koneksi internet. Lalu, bagaimanakah caranya agar bermain game bisa menyenangkan, produktif, dan tetap terhindar dari kecanduan game? Kelima tips berikut ini bisa menjadi rekomendasinya.

1     Memiliki tekad, niat, dan komitmen untuk membatasi diri dalam bermain game.
2     Memikirkan selalu dampak buruk dari kecanduan game.
3    Jika memiliki waktu luang, pergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif seperti tetap menjaga hubungan dengan orang lain.
4     Perkuat hubungan dengan Tuhan, perbanyak melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat rohani.
5     Terbuka dengan orang lain.

Kelima tips ini juga pernah disampaikan oleh Sahabat 24 Generasi Zeru kepada Ifan, seorang pecandu game. Kepada Sahabat 24 Generasi Zeru, Ifan mengaku sangat menyukai game dan sanggup bermain game selama 4-5 jam dalam satu hari. Ifan pun merasa bahwa tindakannya ini sudah melewati batas sehingga ia membuka diri terhadap saran-saran yang dapat membantunya terlepas dari kebiasaan tersebut. Sebagai salah satu Sahabat dari Generasi Zeru dan juga merupakan sebuah pelayanan konseling, Sahabat 24 Generasi Zeru tentu memberikan saran serta rekomendasi untuk Ifan.

"Hai sobat Generasi Zeru, terima kasih atas saran yang sobat berikan. Sesuai dengan saran sobat, saya sekarang semakin rajin beribadah dan tidak kecanduan game lagi. Terima kasih sobat!” -Ifan, Banjar.

Ifan adalah satu dari jutaan orang yang membutuhkan saran yang terbaik dari seorang sahabat. Siapapun bisa saja menjadi teman, namun sulit untuk menjadi seorang sahabat yang mau menaruh kasih setiap waktu. Oleh karena itulah, Sahabat 24 hadir untuk siapapun dan kapanpun baik melalui layanan telepon, chatting, email, ataupun SMS. Anda juga bisa menjadi Sahabat bagi mereka yang terbeban berat dengan mendukung pelayanan konsultasi ini. Daftarkan diri Anda menjadi Mitra CBN melalui formulir di bawah ini atau SMS ke 0 1.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Ada hadiah menarik menunggu Anda yang bergabung menjadi Mitra CBN pertama kalinya. Jadi, tunggu apa lagi?

Ikuti Kami