Ini Alasan Sebagian Wanita Ogah Menikah Lagi Setelah Bercerai
Sumber: www.julieosaretinosayande.com

Marriage / 8 August 2016

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Sebagian Wanita Ogah Menikah Lagi Setelah Bercerai

Lori Official Writer
7212

Jika dibandingkan dengan kaum wanita, penelitian membuktikan bahwa ternyata kaum pria cenderung lebih cepat menjalin hubungan baru dan bahkan menikah setelah bercerai. Sebanyak 65 persen kaum pria terbukti melakukannya.  Lalu mengapa para wanita bercerai tak ingin buru-buru menikah lagi?

Sebuah penelitian menyampaikan bahwa wanita cenderung tidak ingin lagi menikah setelah bercerai dikarenakan peristiwa gagal membina rumah tangga jauh lebih berat bagi kaum wanita, baik secara finansial maupun emosional. Selain itu, mereka juga tampaknya mulai berjaga-jaga agar tak lagi mengalami peristiwa serupa ketika kembali menikah.

“Wanita sebenarnya menginginkan dirinya lebih dipedulikan. Namun terkadang peran sebagai istri dan ibu membuat mereka harus menahan keinginan terpendam tersebut,” ucap konselor profesional berlisensi, Tasha Holland-Kornegay, PhD, seperti dikutip dari Tabloidnova.com.

Beban semakin berat bagi wanita yang sudah memiliki anak. Sebab peran wanita sebagai ibu menuntut banyak waktu dan tenaga dalam hal mengurus dan merawat anak. Sehingga keinginan untuk menikah kembali harus dipendam dalam-dalam.

Namun, bukan berarti wanita yang tak lagi menikah hidup menderita tanpa pasangan. Tasha berpendapat bahwa fase hidup sendiri ini justru membuat wanita tumbuh lebih dewasa, mandiri dan kembali menjadi sosok baru yang lebih baik.

“Perceraian sepenuhnya membuat seseorang menjadi sosok baru yang bebas memprioritaskan apa yang menjadi keinginan terpendamnya dalam waktu lama. Perceraian bisa jadi pencerahan bagi sebagian wanita untuk mengeksplorasi kelebihan dirinya,” terang Tasha.

Menurut Tasha, keputusan menikah atau tidak menikah lagi tak perlu diambil dengan terburu-buru. Tetapi dengan lebih banyak meluangkan waktu mempertimbangkan keputusan secara matang akan jauh lebih baik. "Pernikahan bukan pilihan yang bisa Anda putuskan dalam satu malam,” pungkasnya.

Selain atas beragam alasan yang terjadi pada pasangan menikah saat ini, perceraian seharusnya memang tidak diijinkan terjadi dalam sebuah pernikahan, khususnya bagi pasangan Kristen. Namun, apabila perceraian harus terjadi dan tak terelakkan lagi, firman Tuhan mengatakan agar pasangan yang bercerai tersebut baiknya untuk tidak lagi menikah. Hal ini ditulis dalam 1 Korintus 7: 11 dikatakan, “Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.”

Ayat tersebut mengingatkan agar setiap pasangan bercerai sudah sepatutnya memilih hidup sendiri tanpa pasangan atau pilihan terbaik dengan memilih untuk berdamai kembali dengan pasangannya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami