Dialog Lintas Agama RI-Belanda Segera Kembali Diselengarakan Di Ambon

Dialog Lintas Agama RI-Belanda Segera Kembali Diselengarakan Di Ambon

Mega Permata Official Writer
6167

Kembali untuk ke-4 kalinya pada tanggal 24-26 Agustus nanti akan diselenggarakan kegiatan Dialog Lintas Agama antara RI dengan Belanda di Ambon. Seperti dilansir oleh Antaranews.com, pernyataan tersebut disampaikan oleh Duta Besar saat menerima pengurus Netherland-Indonesia Consortium for Muslim-Christian Relations di Den Haag, rabu lalu.

Acara akan berlangsung dihadiri oleh antar cendikia dan kaum rohaniwan di Kota Ambon, Maluku. Kegiatan ini diharapkan tidak saja melibatkan tokoh agama Islam dan Kristen tetapi juga agama-agama lain dan menyertakan lebih banyak pakar dan akademisi.

Pembicaraan diawali Prof. Robert Setio dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, yang memperkenalkan sejarah pembentukan konsorsium pada tahun 2012 lalu. Kemudian Corrie van der Ven wakil Gereja Kristen yang menjabat sebagai ketua konsorsium, secara ringkas menjelaskan tentang kegiatan konsorsium yang selama ini bekerja sama dengan KBRI Den Haag dalam mengimplementasikan kegiatan lintas agama RI dan Belanda. Hasil yang dicapai sebagai tindak-lanjut dari kegiatan dialog lintas agama ini antara lain penyelenggaraan seminar berkaitan dengan masalah deradikalisasi, penerbitan jurnal bersama, dan kunjungan mahasiswa bidang teologi.

Menurut Duta Besar untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, mengatakan, “Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dengan lebih menyertakan potensi-potensi yang ada. Banyak kesempatan yang dapat diraih untuk mewujudkan pemahaman yang lebih baik dari kegiatan lintas-agama tersebut,” ujarnya seperti yang disiarkan KBRI Den Haag.

Sumber : Antaranews.com/Viva.co.id/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami