7 Jenis Perselingkuhan yang Sering Tak Disadari (1)
Sumber: limatunesrangediaries.wordpress.com

Marriage / 12 May 2016

Kalangan Sendiri

7 Jenis Perselingkuhan yang Sering Tak Disadari (1)

daniel.tanamal Official Writer
2745

Sahabat anda mungkin memang tak pernah berhubungan dengan pria atau wanita lain selain pasangan Anda. Anda juga tidak pernah diam-diam menemui orang lain, atau melontarkan kata-kata cinta selain pada pasangan. Jadi, tentu saja Anda merasa tidak pernah mengkhianati pasangan.

Namun tanpa Anda sadari ada beberapa pengkhianatan yang Anda lakukan. Walaupun memang tidak memiliki efek yang langsung fatal, namun jika dibiarkan berlarut-larut akan sama merusaknya untuk pernikahan Anda. Dilansir dari HUffington Post, ditulis Selasa 8/12/2015, ada 7 jenis pengkhianatan yang sering tanpa disadari dilakukan:

1 Anda selalu menomorsatukan anak-anak
Siapa yang lebih dulu ada dalam hidup Anda? Pasangan atau anak? Walaupun Anda memang harus memprioritaskan kebutuhan anak, namun menempatkan terlalu banyak fokus pada mereka justru bisa menjadi salah satu bentuk pengkhianatan pada pasangan.
Menurut Otto COllins, seorang konsultan pernikahan dan penulis buku Passionate Spark, Lasting Love, hal ini dikarenakan Anda akan menghabiskan energi untuk mengurus anak tanpa menyisakannya bagi pasangan. Dengan kata lain, pasangan tidak akan mendapatkan kesempatan untuk bisa benar-benar 'bersama' Anda.

"Anda kira fokus pada anak dan kewajiban lain akan memperkuat dan membuat hubungan Anda lebih kuat, tapi yang terjadi justru sebaliknya," ujar Collins. "Anda dan pasangan akan berubah menjadi orang lain yang saling berpapasan di dalam rumah dan lalu gairah dan keterikatan Anda akan melayu dan hilang. Anda mungkin saling mencintai satu sama lain, tapi Anda tak lagi merasa saling jatuh cinta karena Anda mengabaikan hubungan kalian dan tak menyadarinya."

2 Saat Anda curhat pada orang lain
Pasangan seharusnya menjadi orang kepercayaan Anda, jangkar pengaman tempat Anda bisa bersandar dan bercerita tentang apapun. Jika Anda mulai membuka diri secara emosional pada orang lain--terlebih lagi seseorang yang membuat Anda tertarik--Anda sedang dalam perjalanan menuju perselingkuhan emosional, begitu menurut psioterapis berbasis di Los Angeles, Foojan Zeine. Apalagi jika Anda mulai menceritakan hal-hal buruk tentang hubungan Anda pada orang baru ini.

"Ketika salah satu pasangan mulai memberikan posisi istimewa seperti persahabatan, kedekatan dan keintiman pada orang lain, Anda akan merasa dikhianati," ujarnya. "Pasangan memang tidak bisa mengambil posisi sahabat Anda, namun mereka perlu untuk memiliki keamanan dan keterbukaan sebagai orang tempat Anda berpaling paling sering. Untuk memiliki hubungan emosional yang lebih kuat dengan pria/wanita lain dibanding dengan apa yang Anda miliki dengan pasangan akan terasa seperti pengkhianatan."

3 Saat Anda tak bisa lepas dari ponsel sepanjang hari
Tak pengaruh apakah itu urusan pekerjaan, sekedar bertukar cerita dengan teman, atau membicarakan tim olahraga favorit, menghabiskan waktu yang terlalu banyak dengan ponsel saat Anda sedang bersama pasangan menyampaikan pesan yang jelas. Bahwa Anda bisa bersama pasangan Anda, tapi Anda memilih untuk tidak bersama mereka.

"Semua orang perlu bersantai dan kegiatan-kegiatan tadi memang bisa melepas lelah, namun mereka menjadi masalah ketika mereka menjadi pengganti dari interaksi berarti bersama pasangan," ujar terapis pernikahan berbasis Pennsylvania, Christine Wilke. "Tanyakan pada diri Anda sendiri: Apakah saya menghabiskan lebih banyak waktu di sosial media dibanding berbicara dengan pasangan?"


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami