5 Alasan Harus Pisah Rumah Dengan Orangtua Setelah Menikah
Sumber: youqueen.com

Marriage / 11 May 2016

Kalangan Sendiri

5 Alasan Harus Pisah Rumah Dengan Orangtua Setelah Menikah

Lori Official Writer
27498

Umumnya setiap pasangan suami dan istri yang sudah menikah memilih untuk tinggal di rumah sendiri dan terpisah dari orangtua masing-masing. Sebab awal pernikahan menjadi momen bagi pasangan untuk lebih saling mengenal dan belajar membangun rumah tangga yang utuh dan bahagia dan semakin bijak dalam membuat beberapa keputusan baru.

Meskipun belum memiliki rumah baru, setidaknya pasangan yang baru saja menikah bisa mengontrak ataupun menyewa rumah sendiri. Namun kenapa sih harus tinggal terpisah dari orangtua? Berikut 5 alasan setelah menikah harus pisah dari orangtua.

1. Membangun Momen Kebersamaan

Agar pernikahan dapat terbangun solid sejak awal, Anda dan pasangan harus membangun serta menciptakan berbagai momen kebersamaan yang berharga. Masa-masa yang sulit tinggal bersama untuk saat pertama kalinya memang akan terasa berat. Tapi semua itu akan menjadi cerita dan kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Dengan hidup secara terpisah dari orantua, Anda dan pasangan bisa belajar saling mendewasakan. Selain itu, Anda berdua akan dilatih untuk bisa menghadapi masalah secara mandiri dan menyelesaikannya dengan sebaik mungkin.

2. Tidak Lagi Merepotkan Orangtua

Setelah menikah, sudah saatnya berani hidup secara mandiri. Tunjukkanlah pada orantua bahwa Anda dan pasangan memang sudah siap menikah sehingga dapat memulai hidup baru tanpa harus merepotkan orang lain.

3. Memupuk Keintiman Bersama Pasangan

Mneghabhiskan sebagian besar waktu dan kesempatan berdua ketika di rumah akan menjadi saat yang sangat sempurna untuk dapat membangun kedekatan dan keintiman antara Anda dan pasangan. Selain itu, kalian bisa juga menjadi lebih bebas melakukan apapun tanpa harus merasa canggung dan terganggu oleh orang lain.

4. Mempercepat Adaptasi Dengan Pasangan

Sebelum dan sesudah menikah tentu saja ada bedanya. Dan ada juga masa transisi yang perlu Anda lewati dari lajang dan sekarang sudah menjadi suami atau istri. Dengan hidup yang mandiri setelah menikah, Anda akan lebih cepat saling berbaur dengan perbedaan dan membangun komitmen bersama untuk dapat menjalani masa-masa awal pernikahan sebaik mungkin.

5. Menghindari Konflik Antara Menantu dan Mertua

Berpisah rumah dari orangtua setelah menikah berguna demi menghindari konflik yang sering kali muncul antara mertua dan menantu. Jika masih tinggal satu atap dengan orangtua, konflik antara pasangan dan orangtua bisa saja akan sulit dihindari.  

Sebelum menikah, ada baiknya merencanakan akan tinggal dimana nantinya. Apakah akan kos, kontrak rumah atau mulai menyicil rumah. Jika Anda memutuskan untuk pisah rumah, akan lebih baik menghitung kembali anggaran yang digunakan untuk pernikahan. Bila perlu pangkas anggaran yang kurang penting, lalu alokasikan untuk pengadaan rumah Anda dan pasangan kelak.



Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klikdi sini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami