Dubes Kerajaan Allah
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 25 April 2016

Kalangan Sendiri

Dubes Kerajaan Allah

daniel.tanamal Official Writer
4662
Suatu ketika saya meliput salah satu episode yang saya beri judul: "Menanti Diplomat Wahid Indonesia di Panggung Dunia". Saya meliput 59 calon diplomat Indonesia yang digembleng di Sekolah Pendidikan Luar Negeri yang diadakan Kementerian Luar Negeri.

Selama delapan bulan, para calon diplomat diajar berbagai keterampilan seni dan materi yang akan menunjang kepiawaian mereka mewakili Indonesia di panggung dunia. Selama pendidikan, para calon diplomat ini tinggal bersama di asrama. Bahkan ada yang harus meninggalkan bayi yang masih disusui demi menjadi diplomat, ada pula yang mencoba tiga kali tes dan baru masuk pada tes kali ini. Saat saya meliput cerita ini, satu hal yang saya sadari adalah tekad calon diplomat ini untuk sungguh-sungguh mencapai nilai terbaik dan layak mewakili Indonesia di pentas dunia.

Saya menyadari Tuhan membawa saya pada peliputan ini agar saya ingat, untuk masuk Kerajaan Allah pun saya harus sungguh-sungguh, terlepas dari kasih karuniaNya yang menyelamatkan kita semua. Seperti para diplomat yang belajar banyak materi terkait profesi mereka, saya pun harus belajar Firman Tuhan. Sama seperti para diplomat yang harus berlatih dalam berbagai forum, saya pun harus  mempraktekkan Firman Tuhan dalam ruang kehidupan sehari-hari.

Jika Kementerian Luar Negeri saja begitu serius membentuk para diplomat agar memenuhi standar kualitas yang begitu tinggi maka tak heran Kerajaan Surga pasti lebih serius lagi. Standar hidup kita sebagai pengikut Yesus di bumi ini tentu berbeda dengan orang dunia. Jika orang dunia saja sungguh-sungguh agar bisa menjadi Dubes Indonesia di negara-negara asing, terlebih lagi kita yang adalah Duta Besar Kerajaan Surga di "negara", di tempat dimana kita berada.

Di ujung peliputan, ketika "wisuda" tiba, calon diplomat yang lulus dengan nilai terbaik adalah Raka Tantra Pamungkas dengan nilai yang jauh lebih tinggi daripada angkatan sebelumnya. Saat sambutan, anak muda ini memulai sambutannya dengan pernyataan pujian bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus, sepotong kesaksian "Dubes Kerajaan Allah" dideklarasikan.

Siapkah Saudara menjadi Dubes Kerajaan Surga?

* 2 Cor 5 : 20
We are therefore Christ's ambassadors, as though God were making his appeal through us. We implore you on Christ's behalf: Be reconciled to God.

* 2 Korintus 5 : 20 - Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.




Sumber : Penulis adalah Monique Rijkers (diedit seperlunya tanpa mengurangi atau menambah maksud penulisan, oleh Daniel Tanamal - Jawaban.com)
Halaman :
1

Ikuti Kami