Tanya Tuhan Saja!
Kalangan Sendiri

Tanya Tuhan Saja!

Lori Official Writer
      6961
1 Raja-raja 22: 5

Tetapi Yosafat berkata kepada rasa Israel: “Baiklah tanyakan dahulu firman Tuhan”

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu68[/kitab]; [kitab]Ibran2[/kitab]; [kitab]Mikha3-5[/kitab]

Suatu hari Samuel Mulia, kolumnis di harian ibukota mengantarkan temannya untuk bertanya tentang masa depan kepada cenayang. Sang cenayang pun menjelaskan tentang masa depan sang teman yang bisa diterawangnya. Uniknya, ketika Samuel bertanya tentang hal yang sama, sang cenayang malah berkata, “Kamu tanya Tuhan saja!”.

Mungkin kisah ini sulit dipercaya. Bila seorang cenayang saja menganjurkan pasiennya bertanya tentang masa depan kepada Tuhan, lalu mengapa ada orang yang tidak mau bertanya kepada Tuhan? Padahal dampak ketidakmauan kita bertanya kepada Tuhan justru akan merugikan masa depan kita sendiri.

Bertanya kepada Tuhan sebenarnya tidak hanya dilakukan ketika kita ingin mengetahui tentang masa depan saja. Tetapi juga ketika merasa ragu, bimbang, putus asa, dan menghadapi pergumulan. Mungkin ada diantara banyak orang yang terlebih dahulu bertanya kepada orang lain, meminta pendapat dan berbagi tentang beban pikiran dan perasaan. Tetapi akan ada beragam jawaban dan tanggapan yang akan dilontarkan kepada kita, bukan malah membuat kita tenang atau mendapat solusi, bisa jadi bahkan membuat kita semakin risau.

Seperti itulah yang dialami Ahab. Di satu sisi ia mati karena dosa-dosanya, dan di sisi lain kematiannya terjadi karena ia enggan bertanya pada Tuhan soal tindakan yang harus ia lakukan saat menghadapi perang.

Bayangkan betapa banyaknya kesusahan yang bisa kita hindari ketika kita memilih untuk terlebih dahulu bertanya kepada Tuhan. Berapa banyak berkat yang bisa kita dapatkan ketika kita meminta kepada Tuhan tentang apa yang harus kita lakukan ke depan. Hari-hari ini, banyak orang yang lebih menaruh kepercayaannya kepada cenayang, dukun atau ramalan-ramalan yang justru berdampak buruk bagi hidup. Tetapi ingatlah bahwa Allah sang pencipta lagit dan bumi serta yang menjadikan kita sebelum kita dikandung sudah menetapkan jalan-jalan hidup kita. Jadi tak ada yang lebih mengetahui tentang hidup Anda selain daripada Tuhan. Jangan pernah ragu untuk bertanya terlebih dahulu kepada Tuhan dalam doa, tentang langkah apapun yang sedang Anda jalani dalam hidup karena Ia adalah Allah yang Maha Tahu!

 

Saat Anda memerlukan sesuatu melaporlah kepada Tuhan

Ikuti Kami