Seni Mengakhiri
Kalangan Sendiri

Seni Mengakhiri

Puji Astuti Official Writer
      6007

Pengkotbah 7:8
Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu83[/kitab]; [kitab]Lukas4[/kitab]; [kitab]Yerem14-15[/kitab]

Sebuah pesawat ulang-alik yang diberi nama Challenger meledak pada 28 Januari 1986, hal itu memakan korban tujuh awak pesawat yang tewas dalam tragedi tersebut. Akhirnya para peneliti mencari tahu alasan di balik bencana itu, mereka menemukan bahwa penyebab utama meledaknya pesawat itu adalah kegagalan dua karet berbentuk lingkaran. Bukankah menakjubkan bahwa sesuatu yang megah seperti pesawat ruang angkasa bisa dihancurkan oleh sesuatu yang relatif tidak signifikan seperti dua cincin karet.

Dalam kisah Perjanjian Lama seorang yang dipilih Tuhan yaitu Simson, memiliki celah di daerah yang  kecil dari hidupnya yang menyebabkan ledakan. Hal-hal kecil berubah menjadi satu hal yang sangat besar. Simson membuat serangkaian kompromi yang membawanya ke posisi rentan, di mana ia akhirnya mengambil satu arah perjalanan ke tempat tukang cukur bernama Delilah.

Simson memiliki potensi luar biasa yang sebagian besar terbuang. Dibangkitkan oleh Allah untuk menjadi pemimpin atas Israel, ia hampir seperti superhero. Allah telah memberi dia  talenta dengan kualitas super. Sementara kekuatan superhero adalah fiktif, Simson itu nyata. Dia adalah seorang pria yang sebenarnya berbakat menjadi pemimpin dengan kekuatan super. Secara mental, Simson sangat tajam, cerdas, dan sangat waspada. Secara spiritual, dalam beberapa hal namun ada beberapa sisi yang lemah.

Dia bisa menjadi salah satu pemimpin terbesar Israel di masanya, sebaliknya Simson menjadi contoh kehidupan yang tidak patut diteladani. Bahkan, hidupnya adalah salah satu paradoks terbesar dari Alkitab.

Simson membuat beberapa kesalahan yang kita juga dapat alami. Dia memiliki awal yang baik, tapi dia tidak memiliki akhir yang baik. Seperti Henry Wadsworth Longfellow mengatakan, "Kehebatan adalah seni memulai, tetapi menjadi lebih hebat adalah seni mengakhiri."

Kita semua pasti akan mengalami kejatuhan dan kegagalan, tapi mari kita jatuh ke depan. Mari kita belajar dari kesalahan dan tidak melakukan kesalahan yang sama berulang kali.

Ikuti Kami