Mengarah Pada Terang
Kalangan Sendiri

Mengarah Pada Terang

Lori Official Writer
      8048

  2 Petrus 1: 19

Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu82[/kitab]; [kitab]Lukas3[/kitab]; [kitab]Yerem9-10[/kitab]

Terkadang bila kita perlu wawasan untuk memahami suatu masalah, kita mencoba memperolehnya dengan memusatkan perhatian kepada masalah. Kita mempelajarinya. Kita mempertimbangkannya dengan hati-hati. Kita menyelidikinya dari setiap segi. Tetapi Rasul Petrus memberikan kepada kita suatu pendekatan yang berbeda. Dia menyatakan bahwa kita harus memusatkan perhatian kita pada firman Tuhan yang tertulis sampai jawaban terhadap masalah itu merekah seperti fajar atas diri kita melalui terang penyingkapan.

Kita menggunakan istilah ‘melihat terang’ dalam hal-hal lahiriah sepanjang waktu. Kita berkata, “Sudahkah Anda melihat terang mengenai hal itu?” atau dengan kalimat serupa diartikan dengan “Apakah Anda memiliki wawasan untuk memahami situasi itu?” Ya, masuknya firman Tuhan ke dalam hati kita mendatangkan terang rohani (Mazmur 119: 130). Firman membawa wawasan yang kita butuhkan.

Pernahkah Anda berada di suatu kamar gelap dan berusaha untuk menemukan jalan keluar? Atau tersesat di luar pada malam hari? Apakah hal pertama yang Anda cari dalam situasi ini? Terang! Terang itu bisa terpantul dari bawah pintu atau berkedip-kedip dari sebuah lampu dalam rumah yang terletak jauh. Tetapi apapun itu, Anda akan bergegas menuju ke sana. Anda tidak membuang waktu untuk tetap berada di tengah kegelapan atau memusatkan diri kepada kegelapan. Anda mengarahkan pandangan Anda pada terang itu karena sinarnya mampu mengusir kegelapan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitar Anda.

Jika Anda membutuhkan wawasan untuk memahami suatu masalah atau situasi yang sedang Anda hadapi, arahkanlah diri Anda pada firman. Berangkatlah menuju terang maka kebutuhan Anda akan terjawab seperti fajar atas diri Anda sendiri.

 

Sebab kegelapan telah lenyap oleh terang cahaya firman Tuhan

Ikuti Kami