Mengubah Dunia

Mengubah Dunia

Theresia Karo Karo Official Writer
      6836

Lukas 6:42

Keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan serpihan kayu itu dari mata saudaramu.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu63[/kitab]; [kitab]marku13[/kitab]; [kitab]hosea6-7[/kitab]


Berusaha mengubah orang merupakan pekerjaan penuh-waktu. Betapa sempurnanya dunia, jika orang lain mau menjadi seperti semua yang kita inginkan! Dalam karya yang ditulis dalam bahasa Belanda, terdapat sebuah tulisan tentang kunci rahasia perubahan. 

Bila diterjemahkan, akan berarti demikian: ‘Ubahlah Dunia -- Mulailah dengan Diri Anda’. Sebagian besar dari kita mungkin tidak setuju dengan hal itu! 

Yesus menceritakan sebuah perumpamaan tentang ketidakmampuan manusia untuk melihat kesalahan sendiri. Dia berkata, “Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan serpihan kayu yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu". (Lukas 6:42) 

Melihat kesalahan orang lain dengan mudah tanpa pernah menyadari kesalahan sendiri bukan hanya pertanda kemunafikan. Itu juga dapat mengingatkan kita bahwa mungkin sayalah yang menjadi masalah dalam hubungan yang penuh ketegangan. Mungkin sikap sayalah yang perlu diubah. Atau, sayalah yang perlu meminta maaf. Mungkin sayalah yang memerlukan roh yang rendah hati. 

Sebagian dari kita harus terus mempelajari hal itu. Kita tak dapat mengubah orang lain, tetapi dengan pertolongan Allah kita dapat mengubah perilaku kita sendiri. Dan saat sikap kita berubah, kita juga akan melihat bahwa orang lain pun berubah. 

Perubahan adalah harapan yang menyenangkan, meski sering mendapat tentangan. Perubahan dimulai dari dalam dan memerlukan banyak ketekunan. (Sabda.org)


Saat Allah melakukan perubahan di dalam diri kita, Dia juga dapat mengubah orang lain melalui diri kita.


Ikuti Kami