Selidiki dan Ujilah Sumber : google

6 June 2015

 7542
[Daily Devotional]

Selidiki dan Ujilah

2Korintus 13:5
Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.

Bacaan Alkitab Setahun: amsal7; yohan17; itawa27-29

“Anda adalah orang yang ...”; “menurut saya, Anda cenderung ...”; “seperti yang sering saya katakan, Anda itu ....” dan lain sebagainya. Potongan kalimat tadi adalah perbincangan sehari-hari yang sering ditujukan kepada kita, atau sebaliknya.

Manusia cenderung lebih pintar menilai orang lain, daripada memeriksa diri sendiri. Tahukah Anda, ketika satu jari menunjuk kepada orang lain, empat jari yang lain mengarah ke diri sendiri.

Seperti bacaan kita dalam 2 Korintus 13:5, Paulus mengajak jemaat Korintus untuk lebih banyak menyelidiki diri sendiri ketimbang menilai orang lain. Sebab bagi Paulus, menyelidiki diri sendiri berperan sangat penting dalam pertumbuhan rohani pengikut Kristus.

Saat seseorang berani menyelidiki diri sendiri, berarti dia berani melihat kondisi hidupnya apa adanya, termasuk kelemahannya. Setelah menyadari kelemahan diri sendiri, seseorang dapat bercermin dan lebih terbuka kepada Allah yang adalah penyelidik hatinya. Sehingga dia akan semakin berani mengambil langkah untuk memperbaiki diri dan lebih tahan uji.

Sudahkah kita membangun kebiasaan untuk menyelidiki diri sendiri? Apakah kita hanya pintar "mengutak-atik" hidup orang lain dan marah apabila orang lain meneliti hidup kita?

Mari perbanyak waktu untuk melihat ke dalam diri, agar kita bisa lebih waspada dan juga toleran terhadap orang lain. Orang yang kerap memeriksa batinnya setiap saat, sama seperti seseorang yang rajin membersihkan rumahnya dari debu dan sampah. Hati kita pun akan bersih, bila kita bersedia selalu membersihkannya bersama Allah.
 
Saat kita berani melihat ke dalam diri sendiri, buah-buah kehidupan yang baik akan keluar dari diri kita.

Sumber : alkitab.sabda.org

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7182

advertise with us