Retronim Kelahiran
Kalangan Sendiri

Retronim Kelahiran

Theresia Karo Karo Official Writer
      6099
Show English Version
Yohanes 3:7
"Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali."
 
Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 29; Kolose 2; 2 tawarikh 16-17

Apakah Anda menemukan kesamaan dari kopi hitam, gitar akustik, dan televisi hitam putih? Wartawan Frank Mankiewicz menyebut semua ini sebagai ‘retronim’. Artinya, kata-kata atau frasa yang diciptakan karena sebuah kata yang lazim digunakan perlu dibedakan dengan istilah yang mengacu pada perkembangan atau penemuan baru.

Dahulu, kopi selalu berwarna hitam, semua gitar adalah gitar akustik, dan semua televisi adalah hitam putih. Namun, sekarang sudah banyak penemuan baru. Karena itu, retronim perlu dikembangkan. Maka dari itu, lahirlah istilah kopi three in one, gitar listrik, dan televisi berwarna.

Bisa dikatakan bahwa Yesus juga mengubah frasa “kelahiran” menjadi sebuah retronim. Ketika Dia menjawab pertanyaan seorang laki-laki yang bernama Nikodemus. Dia berkata, “Jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah” (Yohanes 3:3).

Nikodemus adalah seorang pemimpin agama yang tidak dapat menangkap makna istilah 'dilahirkan kembali'. Nikodemus kemudian bertanya kepada Yesus, “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” (Yohanes 3:4).

Yesus menjelaskan lebih jauh tentang perbedaan antara dilahirkan dari daging dan dilahirkan dari Roh. Selanjutnya Yesus menyimpulkan, “Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali,” (Yohanes 3:7).

Kehidupan kita sebagai umat Kristiani dimulai saat kita mengundang Yesus untuk hidup di dalam diri. Ini adalah sebuah mukjizat! Sebab kita terlahir kembali (David McCasland/Sabda.org)

Kehidupan alami tercipta oleh napas Allah, kehidupan kekal tercipta oleh kematian Kristus.


Ikuti Kami