Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Tuhannya Manusia Biasa Sumber :

19 June 2015

 27805
[Daily Devotional]

Tuhannya Manusia Biasa

Keluaran 3:4

Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."

Bacaan Alkitab Setahun Amsal20 ; Efesu3 ; Pengk6-7

Saat Musa menjadi buronan dan puluhan tahun meninggalkan bangsanya, tiba-tiba dia berhadapan dengan sesuatu yang supranatural. Ia pernah melihat bekas semak-semak yang terbakar karena sambaran petir, namun semak yang menyala di depannya tidaklah sama karena semak itu tidak hangus terbakar. Tuhan membuat sesuatu yang tidak wajar untuk menarik perhatian Musa, baru kemudian Dia berbicara kepadanya :

"Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." (Keluaran 3:6)

Bagi kita nama Abraham, Ishak dan Yakub menggambarkan pahlawan-pahlawan iman, memang demikian lah mereka. Namun mereka juga mewakili manusia biasa yang penuh kelemahan. Sebut saja Abraham yang sempat kehilangan kepercayaan pada Tuhan sehingga menuruti nasihat istrinya untuk bisa memiliki keturunan. Lain lagi dengan Ishak, ia seorang penakut bahkan bisa dikatakan pengecut karena takut dibunuh karena istrinya yang cantik diingini oleh orang lain (Kejadian 26:7). Sedangkan Yakub, kelicikannya dan penipuan yang dilakukannya menjadi legenda tersendiri. Walau demikian, mereka tetap dipakai oleh Tuhan secara luar biasa.

Saat itu sepertinya Tuhan mau menyampaikan kepada Musa bahwa Ia adalah Tuhan atas orang-orang yang memiliki kelemahan dan mengalami kegagalan. Dialah Tuhan yang sanggup memakai orang biasa untuk melakukan hal-hal luar biasa. Seakan Tuhan menegaskan kepadanya, "Musa, jika Aku bisa memakai Abraham, Ishak dan Yakub, maka Aku bisa memakaimu. Apakah kamu mau? Apakah kamu siap untuk pergi ke Mesir? Aku tahu betul apa yang dialami oleh umat-Ku di Mesir."

Saat itu usia Musa tidak muda lagi, kurang lebih 80 tahun. Usia dimana orang seharusnya sudah menikmati masa pensiun. Namun Tuhan berkata, "Kamu berada ditempat dimana Aku mau kamu ada. Kamu adalah orang yang Aku inginkan." Sepertinya Tuhan memiliki kriteria sendiri saat memilih orang yang akan dipakainya. Dia melihat potensi yang kadang manusia tidak bisa melihatnya. Dia melihat jauh ke depan apa yang mampu dilakukan orang itu jika Dia berjalan bersamanya.

Hari ini Tuhan juga memanggil nama Anda walau Anda tidak berhadapan dengan semak yang menyala-nyala, namun Dia sedang mencoba menarik perhatian Anda, mungkin itu melalui masalah atau kesulitan ataupun melalui orang dan kejadian yang terjadi di sekitar Anda. Pertanyaannya adalah, "Apakah Anda mau menjawab panggilan Tuhan itu?"

Tuhan tidak butuh manusia super dan sempurna untuk menggenapi rencana-Nya, Ia hanya butuh manusia biasa yang menyerahkan hidupnya untuk dipimpin oleh-Nya.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7260

Banner Mitra November Week 4