Life Of A King: Refleksi Kehidupan dari Papan Catur
Sumber: Getitdonerecords.com

Film Review / 19 November 2015

Kalangan Sendiri

Life Of A King: Refleksi Kehidupan dari Papan Catur

Theresia Karo Karo Official Writer
7035

Catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Mereka yang terlibat dalam permainan ini harus mampu berpikir panjang sebelum mengambil satu tindakan. Dimainkan pada papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang-seling.

Setiap bidak catur memiliki gerakan yang unik, namun satu yang sukup istimewa adalah bidak yang disebut sebagai ‘Raja’. Bidak ini dapat bergerak satu petak ke segala arah. Selain itu Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.

Kehidupan layaknya permainan di papan catur. Untuk menang, kita perlu memikirkan secara matang langkah selanjutnya dan mengikuti aturan permainan. Memang masing-masing kita memiliki bidak 'Raja', namun bagaimana kita akan menggunakannya semua kembali lagi pada pilihan kita. 

Eugene Brown (Cuba Gooding, Jr) merupakan mantan narapidana yang menghabiskan puluhan tahun hidupnya dalam penjara. Menjalani masa hukumannya, Eugene bertemu dengan Searcy (Dennis Haysbert) yang mengajarkannya bermain catur. 

Saat akan bebas, Eugene khawatir bahwa dia tidak akan memiliki banyak teman. Dia kemudian menerima satu bidak Raja kayu yang dibuat oleh Searcy sambil berpesan, “Jagalah Sang Raja, dan semuanya akan mengikuti.” 

Sebagai residivis, tentu tidak mudah mencari pekerjaan. Belum lagi kedua anaknya Katrina/Trini (Rachae Thomas) dan Marcus (Jordan Calloway) juga tidak bersedia berhubungan lagi dengannya. Untuk membuktikan pada anaknya bahwa dia telah berubah, Eugene bahkan harus berbohong demi mendapatkan pekerjaan. Dibantu temannya, Eugene akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai petugas kebersihan di sebuah SMA. 

Saat yang sama, tawaran untuk kembali ke dunia kriminal kembali terbuka dari teman di masa lalunya, Perry (Richard T. Jones). Dia juga yang saat itu menguasai daerah tempat tinggal Eugene sebagai pemasok narkoba. Namun dia menolaknya, dan lebih memilih bekerja sebagai petugas kebersihan. 

Satu kesempatan, Eugene di minta untuk kepala sekolah (LisaGay Hamilton) menjaga kelas sebelum ada guru pengganti. Saat itulah, dia sadar bahwa peredaran narkoba sudah masuk ke lingkungan sekolah. Eugene kemudian berniat untuk memberikan pengajaran kehidupan lewat catur kepada anak-anak remaja tersebut. 

Tentu saja, ide ini tidak disambut dengan baik. Dia kemudian mengajukan taruhan bahwa bila Eugene kalah, mereka bisa bebas melakukan apa saja selama penjagaannya. Namun apabila yang sebaliknya, maka anak-anak itu harus mau diajar bermain catur. Kemenangan ada pada Eugene dan mereka mau tidak mau harus bersedia memainkan catur.

Namun tidak lama, kepala sekolah mengetahui bahwa Eugene adalah mantan tahanan. Hal ini membuatnya kehilangan pekerjaan sebagai petugas kebersihan. Sempat ingin menyerah, namun dia bangkit kembali dan mendirikan Big Chair Chess Club untuk pemuda dalam kota di Washington, DC.

Meski Eugene menjadi sentral cerita, kisah ini juga menyoroti salah satu anak bernama Tahime (Malcolm M. Mays). Sosoknya yang cerdas tertutupi oleh kenakalannya. Dia juga sadar bahwa ada masa depan yang lebih baik yang menanti anak-anak ini. Namun sebelumnya, harus ada yang percaya bahwa mereka mampu mencapainya. Inilah peran Eugene sebagai penopang dan pendukung anak-anak terasing untuk menemukan tujuan besar dalam hidup mereka. 

Meskipun tidak diceritakan bagaimana seorang pengangguran bisa mendapatkan dana untuk mendirikan Big Chair Chess Club dan menyewa rumah, film ‘Life of a King’ cukup efektif memberi kita gambaran tentang pentingnya menentukan langkah dan pilihan dalam kehidupan. Sebagaimana permainan di papan catur yang menjadi refleksi kehidupan manusia. 

Selain itu, film yang terinspirasi dari kisah nyata Eugene Brown tidak hanya berhasil menggetarkan hati penontonnya, namun juga mengajarkan kita tentang komitmen untuk lebih mementingkan ‘aturan main’ dibandingkan sekedar kemenangan. 

Life of a King (2014)

Sutradara: Jake Goldberger

Produser : Tatiana Kelly, Jim Young

Genre : Drama

Penulis : Jake Goldberger, David Scott, Dan Wetzel

Pemain : Cuba Gooding Jr, Dennis Haysbert, Lisa Gay Hamilton, Malcolm M. Mays,Rachae Thomas, Jordan Calloway

Produksi : Millennium Entertainment

Rilis : 17 Januari 2014 

Durasi : 100 minutes

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami