6 Cara Praktis Kurangi Ngemil Berlebihan

6 Cara Praktis Kurangi Ngemil Berlebihan

Lori Official Writer
3446

Ngemil memang kebiasaan yang menyenangkan dan bisa berdampak baik atau buruk bagi kesehatan. Ngemil sehat bisa diperoleh dengan memilah jenis makanan yang aman dikonsumsi dan waktu yang tepat untuk menikmatinya. Namun ngemil akan berdampak buruk bagi tubuh apabila kebiasaan ini sudah berlebihan, seperti tak mampu berhenti mengunyah di mana saja dan kapanpun.

Supaya kebiasaan ngemil tidak menjadi ‘pedang bermata dua’, cobalah menggunakan waktu ngemil dengan bijak agar tidak menjadi candu dan merusak kesehatan Anda. Berikut beberapa cara praktis yang bisa Anda terapkan seperti disampaikan Ahli gizi Klinik Perisai Husada Bandung, Juniarta Alidjaja DCN.

#1 Wajib sarapan dengan gizi seimbang dan kaya serat untuk mencegah turunnya gula darah dalam waktu cepat. Hindari ngemil di waktu-waktu rawan ini, yaitu pukul 10 pagi dan 3 sore.

#2 Atur waktu ngemil setelah makanan utama. Hal ini berguna untuk menghindari kondisi perut kenyang akibat camilan yang tidak sehat.

#3 Penuhi kebutuhan air dalam tubuh. Jangan menahan rasa haus dengan camilan karena hanya akan membuat tubuh lemah.

#4 Tekan tombol ‘pause’ saat keinginan ngemil muncul. Tanyakan terlebih dahulu diri Anda apakah Anda benar-benar lapar sehingga perlu ngemil sebagi pengganjal rasa lapar? Atau pikirkan dampak buruk camilan berlebihan bagi bentuk tubuh Anda. Jika Anda menyadari dampak buruk dari kebiasaan ini, alihkanlah perhatian dengan aktivitas lainnya. Seperti, jalan-jalan di sekitar kantor atau rumah, mendengarkan musik atau hal menyenangkan lainnya.

#5 Batasi ngemil. Cara terbaik untuk mengurangi kecanduan ngemil adalah dengan membatasi membeli camilan dalam jumlah besar karena hal itu hanya akan mendorong keinginan Anda untuk terus ngemil. Atau bila perlu, hentikan kebiasaan ngemil ini, cobalah selama 3 minggu pertama untuk mengurangi keinginan ngemil ini.

#6 Ubah aktivitas yang mendorong keinginan ngemil. Misalnya, jika selama ini nonton dibarengi dengan ngemil, cobalah mengosongkan lemari es dari persediaan snack-snack ringan. Hal ini mendorong Anda untuk mengurangi keinginan ngemil setiap kali nonton.

Perlu diketahui bahwa mengemil bisa dilakukan asal makanan yang dipilih baik bagi kesehatan. Sementara camilan yang perlu dihindari adalah seperti jenis gorengan, keripik dan kue-kue manis. Sebab jenis makanan ini mengandung asam lemak, kolesterol dan kalori tinggi. Salah satu dampak kebiasaan ngemil berlebih adalah kenaikan berat badan dan penyakit terkait kolesterol dan kadar gula dalam darah.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Femina.co.id/jawaban.com/ls

Ikuti Kami