Daripada Ngemil, Lebih Baik Coba yang satu ini

Solusi Sehat / 19 November 2009

Kalangan Sendiri

Daripada Ngemil, Lebih Baik Coba yang satu ini

Puji Astuti Official Writer
5132

Semua orang mendambakan hidup sehat namun tetap dapat menikmati hidup dengan makanan yang enak-enak. Namun seringkali niatnya menahan lapar, malah keasyikan makan. Ujungnya yang ada hanyalah rasa bersalah. Nah, mungkin jenis-jenis makanan berikut dapat membantu Anda untuk hidup sehat sekaligus menahan lapar berlebih ketika rasa itu datang.

•1.      Minyak Zaitun

Minyak Zaitun telah dikenal sejak empat decade lalu baik untuk menekan resiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun mengandung folifenol, antioksidan kuat yang dapat mencegah jenis penyakit akibat penuaan.

•2.      Yogurt

Yogurt adalah makanan kaya kalsium yang dapat mencegah osteoporosis serta mengandung bakteri yang baik untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko penyakit usus.

•3.      Ikan

Ikan baik bagi kesehatan karena mengandung omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan penyumbatan pembuluh dara.

•4.      Cokelat kokoa

Kokoa mengandung antioksidan yang dapat membantu memperlancar peredaran darah dan menekan resiko tekana darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia.

•5.      Kacang

Kacang adalah makanan yang kayak an lemak tidak jenuh sehingga baik dikonsumsi bagi kesehatan. Selain itu, kacang mengandung banyak vitamin, mineral dan zat phytochemical dan antioksidan.

•6.      Anggur

Anggur merah ternyata mengandung banyak manfaat karena mengandung reservatrol.

•7.      Blueberry

Blueberry serta buah jenis berry lainnya dikenal memiliki kandungan yang diduga dapat mengurangi peradangan (inflamasi) dan penurunana daya ingat serta kemampuan motorik saat lanjut usia.

Jenis makanan ini mungkin makanan kesukaan Anda dan menyehatkan. Namun alangkah baiknya bila dikonsumsi sesuai dengan porsi yang pas. Karena segala makanan yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi tubuh Anda. (Y)

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami